Selasa 26 Oct 2021 22:28 WIB

Respons Cepat Kapolda Banten Diapresiasi, Ini Kata Aktivis 

Kapolda Banten mendapat penghargaan dari Forum Jurnalis Jakarta

Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto, mendapat penghargaan dari Forum Jurnalis Jakarta
Foto: Dok Istimewa
Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto, mendapat penghargaan dari Forum Jurnalis Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Polisi memiliki peran vital dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat sekarang ini. Peran polisi ke depan akan semakin penting seiring dengan menguatnya peran sipil dalam bernegara. 

Pernyataan ini disampaikan Wakil Sekjen Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (Jari 98), Donny Fraga Wijata, merespons penghargaan untuk Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho dari Forum Wartawan Jakarta. Kapolda Banten tersebut disematkan predikat Polisi tulus dan humanis. 

Baca Juga

Donny mengatakan, dengan demikian maka perlu didorong polisi yang profesional sesuai tugas dan wewenangnya yaitu melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat. Sosok polisi demikian harus diberi tempat sehingga wajah kepolisian ke depan semakin baik dan sesuai harapan negara dan rakyat.  

Menurut Donny, sebagai hal sewajarnya mengingat sepak terjang Irjen Rudy memperlihatkan karakter polisi humanis dalam melayani dan melindungi masyarakat.   

“Saya kira penghargaan yang diberikan Forum Wartawan Jakarta dalam konteks ini. Ternyata bukan saya saja yang melihat Irjen Pol Rudi Heriyanto sebagai sosok  tulus dan humanis dalam melayani dan melindungi rakyat. Wartawan juga melihat hal yang sama,” kata Donny.  

Donny menegaskan hal terpenting dari seorang polisi adalah bukan hanya pencitraan saja, melainkan praktik keseharian di lapangan. “Dalam era komunikasi seperti sekarang, pencitraan sah-sah saja. Namun pencitraan harus diiringi dengan implementasi yang nyata. Saya melihat Kapolda Banten Irjen Rudy sebagai sosok yang responsif dalam menuntaskan tugas-tugasnya,” tutur Donny.

Sebagai aktivis Reformasi 98, Donny mengaku memiliki kepentingan agar supremasi sipil semakin menguat ke depan. Terkait hal tersebut, peran wartawan semakin besar. Wartawan adalah pilar demokrasi keempat. 

Donny mengamati, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto memberi akses yang luas kepada wartawan untuk melakukan peliputan. Dengan cara tersebut, wartawan turut berperan menyebarkan berbagai informasi termasuk pelanggaran yang dilakukan oknum polisi. 

“Polisi memiliki wewenang besar sekarang ini. Dan sebagaimana kita pahami, kewenangan besar memiliki kecendrungan untuk korup. Nah di sinilah perlunya pengawasan, termasuk oleh wartawan. Kapolda Banten Irjen Pol Rudy memiliki pemahaman yang sangat baik, tujuannya agar polisi benar-benar menjalankan tugas dan wewenangnya sesuai UU,” ujar Donny.

Dia mencontohkan ada sejumlah kasus yang tidak mencerminkan keadilan masyarakat. Setelah kasus tersebut diberitakan oleh wartawan, penyidikan ditinjau ulang. 

Tanpa pengawasan yang baik, dengan kekuasan yang besar, polisi bisa terperosok ke dalam perilaku yang tidak sesuai dengan UU. “Maka saya sependapat jika masyarakat sipil memberikan apresiasi kepada polisi yang humanis dan tulus. Kita ingin wajah kepolisian yang semakin baik ke depan dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat,” ujar dia.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement