Selasa 09 Nov 2021 15:09 WIB

3 Benteng Klan Yahudi di Madinah

Ada tiga klan besar Yahudi ketika itu di Madinah, yakni Bani Nadhir, Bani Quraizhah.

Foto: republika
3 Benteng Klan Yahudi di Madinah

REPUBLIKA.CO.ID, Ada tiga klan besar Yahudi ketika itu di Madinah, yakni Bani Nadhir, Bani Quraizhah, dan Bani Qainuqa'. Mereka berdomisili di tempat-tempat strategis. 

Daerah `Awali (Wadi Mudzainib), Wadi Mahzur dan Wadi Buth¬han yang merupakan sumber air di Madinah, berhasil dikuasai. Selain tanah, mereka juga menguasai perdagangan. Pasar Bani Qainuqa` menjadi pasar paling ramai dan lengkap, sekaligus jantung perekonomian Madinah.

Mereka juga membuat benteng-benteng pertahanan untuk melindungi permukiman mereka. Beberapa di antaranya masih tersisa di Madinah meski sayang kondisinya sangat memprihatinkan, yaitu sebagai berikut:

> Benteng Bani Qainuqa'

Benteng Bani Qaynuqa, barat daya Kota Madinah. Meski mereka tidak menguasai lahan pertanian atau perkebunan, tetapi mereka unggul di bidang perdagangan, kerajinan tangan, dan jual beli emas.  

>Benteng Bani Nadhir

Situs yang merupakan tempat tinggal Bani Nadhir ini berada di Wadi Mudzaineb. Tenggara Madinah, sekira 3,5 km dari Masjid Nabawi dan satu kilometer dari Masjid Quba.   

>Bani Quraizhah

Mereka tinggal di Wadi Mahzur, Harrah Madinah. Suku ini terkenal piawai bercocok tanam. Mereka memperkenalkan teknologi pertanian seperti budi daya kurma dan gandum.

Pengolah: Nashih Nashrullah

Republika/berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement