Rabu 27 Oct 2021 08:08 WIB

Cara Muslimah Afrika Selatan Sambut Maulid Nabi Muhammad SAW

Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW juga digelar meriah di Afrika Selatan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW juga digelar meriah di Afrika Selatan. Ilustrasi Rasulullah
Foto: Republika/Mardiah
Tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW juga digelar meriah di Afrika Selatan. Ilustrasi Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE TOWN – Gegap gempita perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW juga dilakukan umat Islam di sejumlah negara berpenduduk Muslim. Salah satunya adalah Afrika Selatan. 

Di negara yang beribukotakan Cape Town ini, umat Islam juga mempunyai tradisi khas untuk memeringati Maulid Nabi.

Baca Juga

Para wanita Muslim di Afrika Selatan antusias memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Seperti dilansir Herald Live pada Rabu (27/10) para wanita Muslim di Nelson Mandela Bay berkumpul bersama di Masjid Taqwa di Gelvan Park untuk memperingati Maulid Nabi.   

Kegiatan ini dimotori stasiun radio komunitas Islam Nelson Mandela Bay yaitu IFM 88.3. 

Pada acara itu terdapat potongan daun lemon yang telah diberi wewangian dan air mawar. Dedaunan yang harum itu kemudian dimasukan ke kantong-kantong kain dan dibagikan kepada jamaah yang hadir dalam peringatan maulid itu. Ini juga menjadi ciri khas pada peringatan Maulid Nabi di Indonesia dan Malaysia. 

Dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 para wanita Muslim melafazkan dzikir dan sholawat kepada Nabi. Menurut manajer IFM 88,3  Rosheeda Hendricks, kegiatan tersebut berjalan dengan sukses.  

“Luar biasa dan kami bersyukur bahwa kami memiliki kesempatan tahun ini untuk menyelenggarakan ini.Sayangnya kami harus membatasi jumlah peserta sesuai aturan Covid-19,” kata Hendricks. 

Sementara selepas pelaksanaan sholat Zuhur, perayaan maulid dilanjut dengan kehadiran jamaah lelaki yang membaca kitab sirah Nabi Muhammad SAW.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement