Rabu 27 Oct 2021 12:33 WIB

Perempuan Alami Istihadhah, Ini Tuntunan Rasulullah SAW

Darah istihadhah bukan penghalang Muslimah melaksanakan sholat

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Darah istihadhah bukan penghalang Muslimah melaksanakan sholat. Ilustrasi Muslimah sholat
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Darah istihadhah bukan penghalang Muslimah melaksanakan sholat. Ilustrasi Muslimah sholat

REPUBLIKA.CO.ID, — Tak sedikit perempuan yang mengalami istihadhah atau darah yang keluar dari alat vital dan bukan darah haid. Lantas apa yang harus dilakukan perempuan jika mengalami istihadhah?

 

Baca Juga

Rasulullah SAW memerintahkan seorang wanita untuk melakukan sholat ketika mengalami istihadhah atau haid yang tidak normal atau darah penyakit. Wanita tersebut harus terlebih dahulu mandi wajib Namun jika terlalu berat maka Rasulullah membolehkannya untuk menjamak sholat tersebut. Sunan Abu Dawud meriwayatkan sebagai berikut”  

 

حَدَّثَنَا أَسْمَاءَ بِنْتِ عُمَيْسٍ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ أَبِي حُبَيْشٍ اسْتُحِيضَتْ مُنْذُ كَذَا وَكَذَا فَلَمْ تُصَلِّ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُبْحَانَ اللَّهِ إِنَّ هَذَا مِنْ الشَّيْطَانِ لِتَجْلِسْ فِي مِرْكَنٍ فَإِذَا رَأَتْ صُفْرَةً فَوْقَ الْمَاءِ فَلْتَغْتَسِلْ لِلظُّهْرِ وَالْعَصْرِ غُسْلًا وَاحِدًا وَتَغْتَسِلْ لِلْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ غُسْلًا وَاحِدًا وَتَغْتَسِلْ لِلْفَجْرِ غُسْلًا وَاحِدًا وَتَتَوَضَّأْ فِيمَا بَيْنَ ذَلِكَ قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ مُجَاهِدٌ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ لَمَّا اشْتَدَّ عَلَيْهَا الْغُسْلُ أَمَرَهَا أَنْ تَجْمَعَ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ 

 

Dari Asma` binti 'Umais dia berkata, “Aku pernah berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya Fathimah binti Abu Hubaisy terkena darah penyakit sejak ini dan ini, sehingga dia tidak sholat. Maka Rasulullah SAW bersabda, "Subhaanallah (Mahasuci Allah), sesungguhnya ini dari setan, hendaklah dia duduk di wadah tempat cucian, apabila ternyata dia melihat warna kuning di atas airnya, hendaklah dia mandi sekaligus untuk sholat Zuhur dan Ashar, juga mandi sekaligus untuk sholat Maghrib dan Isya, serta mandi sekali untuk sholat Shubuh. Dan hendaklah dia berwudhu untuk setiap kali sholat."  

 

Abu Dawud berkata, “Diriwayatkan oleh Mujahid dari Ibnu Abbas; Tatkala terasa berat bagi (Fathimah binti Abu hubaisy) untuk selalu mandi, maka beliau memerintahkannya untuk menjamak antara dua sholat.” Ratna Ajeng Tejomukti  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement