Aljazair akan Hentikan Ekspor Gas ke Maroko

Kamis , 28 Oct 2021, 05:27 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Esthi Maharani
Bendera negara Maroko.
Bendera negara Maroko.

IHRAM.CO.ID, ALJIR--Aljazair yang telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Maroko, akan berhenti memasok gas alam ke negara itu. Pasokan gas dari pipa Maghreb-Eropa akan dihentikan mulai 1 November.

 

Terkait

Dilansir dari The New Arab, Selasa (26/10), Pipa Maghreb-Eropa 13,5 miliar meter kubik (bcm) menghubungkan Aljazair ke Spanyol.  Aljazair akan tetap memasok Spanyol menggunakan pipa bawah laut Medgaz dengan kapasitas tahunan 8 bcm, yang tidak melalui Maroko.

Analis mengatakan masalah teknis yang berkaitan dengan rencana Aljazair untuk memperluas kapasitas pipa Medgaz dapat meningkatkan krisis energi di Spanyol pada saat tagihan gas melonjak di seluruh Eropa.

Aljazair pada Agustus mengisyaratkan kemungkinan mengakhiri ekspor gas alam pada Oktober ke Maroko sebesar 1 miliar meter kubik (bcm), yang digunakan untuk memproduksi sekitar 10 persen listrik kerajaan.

Satu sumber di perusahaan minyak dan gas milik negara Sonatrach dan dua sumber pemerintah Aljazair mengatakan perjanjian pasokan dengan Maroko tidak akan diperpanjang. Kementerian energi Aljazair dan Maroko tidak segera meminta komentar dari Reuters.

Awal bulan ini, seorang pejabat senior Maroko mengatakan negaranya sedang mendiskusikan dengan Spanyol kemungkinan membalikkan aliran pipa gas jika Aljazair tidak memperbarui kesepakatan pasokan. Aljazair adalah pemasok gas terbesar Spanyol, yang mencakup hampir setengah dari permintaan gasnya melalui pipa Maghreb-Eropa.

Sumber keempat, seorang pejabat senior pemerintah Aljazair, mengatakan kepada Reuters bahwa jika terjadi gangguan, negara Afrika Utara itu akan menggunakan kapal untuk mengangkut gas alam cair (LNG) ke Spanyol.

Analis mengatakan itu berarti Sonatrach harus menyewa lebih banyak kapal, memicu kenaikan harga LNG lebih lanjut karena tarif pengiriman naik lebih dari dua kali lipat dari awal bulan ini. Harga LNG telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir karena kekurangan struktural di Eropa dan ekspektasi musim dingin dan permintaan yang tinggi. Bulan lalu, Sonatrach mengatakan akan meningkatkan kapasitas pipa gas Medgaz ke Spanyol menjadi 10,5 miliar meter kubik per tahun pada akhir November.

Pasokan Aljazair ke Spanyol akan meningkat setelah selesainya unit tekanan gas keempat di fasilitas Medgaz Sonatrach di kota barat Beni Saf, kata Sonatrach dalam sebuah pernyataan awal tahun ini. Sonatrach mengatakan proses itu bisa selesai pada akhir November.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini