Kamis 28 Oct 2021 04:50 WIB

Hadits Rasulullah Mengenai Bilangan Wudhu dan Batasnya

Rasulullah berwudhu terkadang tiga kali dan terkadang satu kali.

Hadits Rasulullah Mengenai Bilangan Wudhu dan Batasnya
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Hadits Rasulullah Mengenai Bilangan Wudhu dan Batasnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Syafi'i berkata, "Abdul Aziz bin Muhammad mengabari kami, dari Muhammad, dari Zaid bin Aslam, dari Atha' bin Yasar, dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Rasulullah Saw. berwudhu dengan memasukkan tangan beliau ke bejana, lalu beliau memasukkan air ke hidung, lalu berkumur satu kali. Kemudian beliau memasukkan tangan beliau dan mengguyurkan air ke wajah beliau satu kali, dan mengguyurkan air ke kedua tangan beliau satu kali. Lalu beliau mengusap kepala beliau dan kedua telinga beliau satu kali."

Imam Syafi'i berkata, "Ibnu Uyainah mengabari kami, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Hamran maula Utsman bin Affan, dari Utsman bin Affan ra. bahwa dia berwudhu menggunakan bangku tiga kali tiga kali. Lalu dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah Saw. bersabda,

Baca Juga

من توضأ وضوئي هذا خرجت خطاياه من وجهه ويده ورجليه

"Siapa saja yang berwudhu seperti wudhuku ini, niscaya segala dosanya keluar dari wajahnya, kedua tangannya, dan kedua kakinya."

Imam Syafi'i berkata, "Ini bukanlah ikhtilaf, melainkan karena Rasulullah Saw, jika berwudhu terkadang tiga kali dan terkadang satu kali. Sebab yang sempurna dan patut dipilih adalah yang tiga kali. Sementara yang satu kali adalah sekadar cukup (sah). Itulah sebabnya, saya menyatakan mustahab bagi seseorang yang berwudhu untuk mewudhukan wajahnya, kedua tangannya, dan kedua kakinya, tiga kali tiga kali; serta mengusap kepalanya tiga kali, dengan mengusap kepala secara keseluruhan.

 

sumber : Imam Asy-Syafi'i dalam Al-Umm Kitab Induk Fiqih Islam #1 terbitan Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement