Jumat 29 Oct 2021 11:20 WIB

Spanyol Larang Iklan Cokelat dan Es Krim untuk Anak

Larangan itu guna membantu memerangi obesitas pada kaum muda.

Spanyol Larang Iklan Cokelat dan Es Krim untuk Anak. Permen cokelat (ilustrasi)
Foto: Piqsels
Spanyol Larang Iklan Cokelat dan Es Krim untuk Anak. Permen cokelat (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Spanyol akan melarang iklan makanan dan minuman tidak sehat seperti cokelat, biskuit, dan es krim untuk anak-anak. Larangan itu guna membantu memerangi obesitas pada kaum muda. 

"Anak-anak sangat rentan terhadap iklan dan merupakan kewajiban kami untuk melindungi mereka," kata Menteri Urusan Konsumen Alberto Garzon di Twitter, Jumat (29/10).

Baca Juga

Ada lima kategori produk yang dilarang diiklankan untuk anak di bawah umur, terlepas dari kandungan nutrisinya, meliputi cokelat, permen, energy bar juga kue, biskuit manis, jus, es krim, dan minuman energi. Produk lainnya juga akan menghadapi regulasi bila kandungan lemak jenuh, gula, dan garam melebihi batas tertentu.

Menurut asosiasi konsumen OCU, sembilan dari 10 iklan makanan yang ditargetkan untuk anak-anak adalah untuk produk tidak sehat. Langkah yang masih memerlukan persetujuan kabinet, akan mempengaruhi iklan yang ditujukan untuk anak-anak di bawah 16 tahun di televisi dan radio, di bioskop dan di internet, termasuk di jejaring sosial dan aplikasi seluler.

Menurut Badan Gizi dan Keamanan Makanan Spanyol, 40,6 persen anak-anak Spanyol usia 6-9 tahun mengalami kelebihan berat badan dan 17,3 persen mengalami obesitas. Federasi Industri Makanan dan Minuman Spanyol (FIAB) mengatakan terkejut dan marah dengan langkah tersebut.

Sektor tersebut telah bekerja dengan kementerian selama setahun untuk memperbarui praktik etis dalam periklanan."Kami percaya produsen makanan dan minuman diserang secara serampangan dan tidak dapat dibenarkan," kata Direktur Jenderal FIAB Mauricio Garcia de Quevedo dalam sebuah pernyataan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement