Jumat 29 Oct 2021 16:56 WIB

Biden Dijadwalkan Bertemu Macron Usai Ribut Soal Kapal Selam

Pertemuan Biden dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dijadwalkan Jumat (29/10)

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Pertemuan Biden dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dijadwalkan Jumat (29/10).
Foto: EPA
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Pertemuan Biden dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dijadwalkan Jumat (29/10).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah agenda sedang disusun untuk pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Eropa. Beberapa kegiatan termasuk pembicaraan dengan Prancis dan Turki tentang pedoman G20 serta pertemuan perubahan iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Penasihat keamanan nasional Jake Sullivan mengatakan, pertemuan Biden dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dijadwalkan pada Jumat (29/10). Kesempatan ini akan menjadi penutup masalah ketika keduanya memperbaiki hubungan setelah keretakan akibat pakta keamanan AS dengan Inggris dan Australia. Pertemuan tersebut akan mencakup pembahasan kontraterorisme di Timur Tengah, persaingan dengan China, ekonomi, perdagangan, dan masalah teknologi.

Baca Juga

Topik utama pertemuan antara Biden, Macron, dan para pemimpin Jerman dan Inggris akan berkutat pada status program nuklir Iran. Kegiatan itu akan dilakukan pada Sabtu (30/10).

Sullivan mengatakan, Biden akan bekerja menuju strategi bersama dan solidaritas dan persatuan dalam pendekatan di Iran. Namun, dia tidak menentukan apakah para pemimpin akan membahas dimulainya kembali pembicaraan dengan Afghanistan.

Gedung Putih juga mengharapkan Biden bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Erdogan ingin membahas kesepakatan yang ditangguhkan dengan Washington mengenai jet tempur F-16.

Biden berharap menemukan titik temu dengan para pemimpin dunia dalam mengurangi kemacetan rantai pasokan di forum yang diselenggarakan pada Ahad (31/10).

AS berharap mencapai kesepakatan pada pertemuan tentang komitmen internasional baru tentang vaksin, mempersiapkan pandemi di masa depan, dan perubahan iklim. Gedung Putih mengatakan Biden berencana untuk memberikan pidato perubahan iklim utamanya KTT iklim di Glasgow pada Senin (1/11).

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement