Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abu Ubaidillah

Ini 3 Ide Bisnis Jajanan Anak yang Dijamin Laku

Bisnis | Saturday, 30 Oct 2021, 11:27 WIB

Bisnis jajanan anak sekolah memang cukup sederhana disiapkan dan pemasarannya juga sangat mudah. Meski begitu bisnis ini tidak bisa dianggap remeh karena peminat atau pangsanya sangatlah luas.

Selain bisa dijual di sekolah dasar, SMP, atau TK dan PAUD, salah satu jenis bisnis kuliner ini juga bisa dijalani di rumah dengan membuka warung. Bahkan bukan cuma untuk anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menyukainya.

Ini daftar Bisnis Jajanan Anak yang Banyak Peminat!

donabisnis" />
Sumber: donabisnis

Ketika ingin memulai bisnis, tentu saja Anda harus menentukan produk apa yang ingin dijual bukan? Bagi Anda yang masih bingung mau berjualan jananan anak apa, di sini ada beberapa rekomendasi jananan anak yang banyak peminat dan laris.

1. Cilor

Cilor atau aci telor adalah salah satu jananan anak SD yang khususnya sering dijajakan di wilayah Jawa Barat. Jajanan ini banyak digemari oleh anak-anak bahkan sampai dengan orang dewasa sekalipun.

Aci sendiri merupakan kosakata bahasa Sunda untuk menyebut tepung tapioka. Makanan cilor terbuat dari bahan utama tepung tapioka dan telur, cara membuatnya dicampur dengan garam, merica, bawang daun, dan air secukupnya.

Setelah membentuk adonan yang padat, kemudian dibentuklah cilor bulat kecil. Setelah itu direbus selama beberapa menit dan jika sudah matang tinggal tusukkan ke tusukan kayu seperti halnya pada sate.

Cilor biasanya dijual dengan harga murah dan dijajakan di pinggir jalan, sehingga sudah tentu banyak orang mengetahuinya. Biasanya satu tusuk cilor dihargai Rp 500/tusuk, kadang ada yang menjual Rp 1.500/2 tusuk.

2. Telur Gulung

Telur gulung juga jadi jajanan anak sejuta umat. Jananan yang bisa jadi peluang usaha makanan ini terbuat dari bahan utama yaitu telur ayam yang dikocok sampai benar-benar berwarna oranye dan tercampur dengan garam serta penyedap rasa.

Kadang, ada pula pedagang telur gulung yang menambahkan sedikit air ke dalam telur. Setelah itu, masukkan telur kocok ke dalam minyak panas, tunggu beberapa detik saja sampai telur gulung matang dan tusukkan telur tersebut seperti sate.

Menggulung telur akan lebih mudah dilakukan di atas ketel, tapi kadang bagi sebagian orang merasa hal itu cukup sulit. Silahkan Anda berkreasi sesuai keinginan masing-masing supaya bisa membuat telur gulung yang enak.

Harga telur gulung juga terjangkau, yaitu sekitar Rp 1.000/tusuk. Meski demikian sangat jarang pembeli yang beli telur gulung 1 tusuk saja, biasanya minimal mereka beli 3-5 tusuk sekaligus dalam satu kali beli.

3. Batagor

Siapa sih yang tidak tahu batagor? Jajanan asli Jawa Barat ini memiliki fans dari anak-anak sampai orangtua. Tidak heran banyak penjual batagor yang bisa dijumpai di sekolah, pinggir jalan, ataupun tempat-tempat strategis lainnya.

Batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Maksud dari baso di sini bukanlah baso sapi seperti yang masyarakat kenal, melainkan tepung kanji yang dicampur ikan tenggiri sehingga rasanya gurih.

Biasanya tahu yang dipakai ialah tahu Sumedang, namun Anda bisa menggunakan jenis tahu apapun. Untuk membuatnya Anda butuh bahan utama tepung kanji, terigu, ikan tenggiri, tahu putih, dan saus kacang.

Buat adonan basu menggunakan bahan-bahan tersebut, kemudian aduk sampai kalis dan bentuk bulat-bulat lalu dimasak sampai matang. Setelah siap, batagor siap dijual dengan harga Rp 3.000 - Rp 5.000 per porsi plastik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image