Soal Muslim Modern, Abu Dhabi akan Gelar Konferensi

Senin , 01 Nov 2021, 11:58 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Muhammad Hafil
Soal Muslim Modern, Abu Dhabi akan Gelar Konferensi. Foto:    Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi
Soal Muslim Modern, Abu Dhabi akan Gelar Konferensi. Foto: Masjid Agung Sheikh Zayed Abu Dhabi

IHRAM.CO.ID,ABU DHABI—Dewan Komunitas Muslim Dunia mengadakan konferensi pers di kantor pusat Dewan di Abu Dhabi untuk mengumumkan jadwal konferensi internasional yang mengusung tema ‘Persatuan Islam: Konsep, Peluang, Tantangan’ yang akan diadakan mulai 12 hingga 14 Desember mendatang di Abu Dhabi. 

 

Terkait

Ketua Dewan Dr. Al Nuaimi mengumumkan bahwa penyelenggaraan konferensi ini berada di bawah perlindungan Sheikh Nahyan bin Mubarak Al Nahyan, Menteri Toleransi dan Koeksistensi. Adapun penyelenggaraan konferensi merujuk pada kebutuhan untuk menghadirkan wacana intelektual dan hukum antara komunitas Muslim seluruh dunia, untuk menjawab tantangan yang banyak terjadi di masyarakat Muslim modern. 

Baca Juga

“Konferensi ini juga menegaskan peran para ulama, cendikiawan dan pemikir dalam memimpin bangsa, dan untuk menyajikan proposal intelektual dan sah yang sepadan dengan perkembangan dan kubutuhan zaman,” kata dia. 

Al Nuaimi mengatakan bahwa salah satu tujuan konferensi adalah untuk mengarahkan wacana yang bersumber dari nilai-nilai koeksistensi yang dikejar oleh UEA, dalam hal menjadi mitra dengan yang lain. 

“Kami benar-benar percaya pada kemitraan positif dari kerja bersama dalam membangun bangsa dan menghadapi tantangan yang menimpa umat manusia di mana-mana, seperti perubahan iklim, pandemi, kemiskinan atau pengangguran, dan menciptakan peluang bagi kaum muda”, tambahnya.

Ketua Dewan menekankan pentingnya peran para ulama dan pemikir bangsa dalam menghadirkan wacana berdasarkan landasan yang sah, dengan mempertimbangkan kekhasan zaman ini, menghormati peraturan dan undang-undangnya, serta membangun masa depan yang lebih baik bagi umat Islam maupun non-Muslim.

“Apalagi dengan adanya beberapa wacana yang memecah belah umat manusia dan menyajikan agenda-agenda yang merugikan umat Islam dimanapun mereka berada,” ujarnya menambahkan. 

Dia mengatakan bahwa Dewan sangat senang dan terhormat untuk menjadi tuan rumah dalam pertemuan cendikiawan, ulama, dan pemimpin besar dunia, sejalan dengan visi Abu Dhabi untuk memberikan pelayanan dengan konsep persatuan bagi Muslim dan non-Muslim. Pertemuan ini juga membuka peluang yang harus diinvestasikan di masa kini dan masa depan, untuk mengembangkan strategi menghadapi tantangan yang dihadapi umat Muslim dimanapun mereka berada.

Dewan Komunitas Muslim Dunia adalah sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang berkantor pusat di Abu Dhabi. Ini mencakup lebih dari 900 organisasi dan institusi Islam dari 142 negara, yang bertujuan untuk mencapai satu tujuan: integrasi komunitas Muslim ke negara mereka, dan bagi para anggotanya untuk mencapai kewarganegaraan penuh dan afiliasi penuh dengan agama Islam.

Sumber

http://wam.ae/en/details/1395302987239

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini