Senin 01 Nov 2021 20:49 WIB

Tugas Para Robot di Dua Masjid Suci

Selama masa pandemi, penerapan teknologi robot semakin diintensifkan.

Robot digunakan untuk membagikan air zamzam pada jamaah di Masjidil Haram, Makkah. Robot dipakai untuk menerapkan aturan jaga jarak selama pandemi Covid-19.
Foto: Haramain Sharifain
Robot digunakan untuk membagikan air zamzam pada jamaah di Masjidil Haram, Makkah. Robot dipakai untuk menerapkan aturan jaga jarak selama pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alkhaedi Kurnialam, Rossi Handayani, Kiki Sakinah

JAKARTA  --  Arab Saudi sebagai penjaga dua masjid suci terus memperkuat layanannya kepada umat Islam dari seluruh dunia. Salah satu inovasi yang dilakukan memasukan teknologi robot. Selama masa pandemi, penerapan teknologi robot semakin diintensifkan.

Baca Juga

Kepresidenan urusan dua suci, selalu otoritas yang bertanggungjawab terhadap layanan pada dua masjid suci memperbanyak menggunakan robot untuk sterilisasi hingga pengendalian epidemi dalam beberapa tahun belakangan hingga masa pandemi. Menurut kantor berita Saudi Press Agency, distribusi air zamzam di Masjidil Haram juga dibantu dengan robot.

Mengomentari meningkatnya penggunaan AI, Asisten Direktur Urusan Teknis dan Layanan Mansour Al-Mansoori mengatakan hal ini sebagai bagian dari rencana pengembangan komprehensif 2024 untuk mengimbangi Visi Kerajaan (2030). Salah satu caranya adalah dengan penggunaan teknologi modern dan teknologi kecerdasan buatan dalam pelayanan di Dua Masjid Suci.

photo
Robot pemadam kebakaran - (republika)

Dia mengatakan kecerdasan buatan digunakan dalam mengoperasikan robot di dalam Masjidil Haram sesuai dengan peta yang diprogram melalui Google Map. Hal ini mencakup semua bagian masjid, termasuk halaman Mataf, Al-Masaa, dan semua fasilitasnya. Al-Mansoori menunjukkan kepresidenan secara aktif mencari manfaat dari inovasi dan teknologi untuk menyediakan layanan kelas dunia dan terbaik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement