Selasa 02 Nov 2021 00:18 WIB

Pakistan dan Politisasi Olahraga Kriket

Olahraga kriket di Pakistan telah menjadi segalanya tentang politik dan agama.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Atlet Kriket (ilustrasi)
Foto: AP/Rick Rycroft
Atlet Kriket (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, ISLAMABAD -- Olahraga kriket di Pakistan telah menjadi segalanya tentang politik dan agama, dengan narasi seperti membalas penganiayaan Muslim dengan mengalahkan India. Setelah Pakistan mengalahkan India dalam pertandingan Piala Dunia Kriket T20 pada Ahad kemarin, Menteri Dalam Negeri Pakistan Sheikh Rasheed Ahmad menyebut kemenangan itu sebagai kemenangan Islam.

"Muslim di seluruh dunia bersukacita," kata menteri dalam pesan video di Twitter.

Baca Juga

Ini adalah pertama kalinya Pakistan mendominasi India dalam pertandingan Piala Dunia. Perayaan secara alami teratur, dengan orang-orang di seluruh negeri turun ke jalan, meneriakkan slogan-slogan patriotik, menari dan mengibarkan bendera nasional.

Hubungan antara India dan Pakistan telah sengit sejak kedua negara memperoleh kemerdekaan dari kekuasaan Inggris pada tahun 1947. Mereka telah berperang tiga kali penuh, dan mereka terus saling menuduh campur tangan di wilayah Kashmir yang disengketakan, yang mereka berdua klaim di wilayahnya. keseluruhan tetapi memerintah sebagian.

Permusuhan geopolitik telah meluas ke olahraga, terutama kriket, yang merupakan olahraga paling populer di India dan Pakistan. Setelah kekalahan India pada hari Minggu, media sosial Pakistan dibanjiri dengan posting, meme, dan komentar anti-India.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement