Selasa 02 Nov 2021 15:45 WIB

India Targetkan Emisi Nol Bersih pada 2070

India adalah penghasil emisi keempat terbesar di dunia.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Polusi di New Delhi, India.
Foto: nytimes
Polusi di New Delhi, India.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- India menargetkan emisi nol bersih akan tercapai oleh negara itu pada 2070. Hal ini diumumkan dalam Conference of The Parties (COP26) di Ibu Kota Glasgow, Skotlandia pada Senin (1/11). 

Sebelumnya, Perdana Menteri India Narendra Modi adalah yang mengumumkan dan menetapkan target tersebut pada 2070, dengan mengatakan bahwa negaranya tidak akan ditekan dengan cara apapun. Ia menyebut bahwa apa yang paling penting adalah melakukannya dengan kemauan sendiri. 

Baca Juga

“Saya pikir itu (target) berdasarkan proyek ilmiah dan jika melihat proyeksi serta tingkat pencapaian komitmen yang dibuat pada 2015, ada banyak alasan kenara 2070 dapat dilakukan,” ujar Menteri Luar Negeri India Harsh Vardhan Shringla, dilansir Ani News, Selasa (2/11). 

Hars mengatakan bahwa emisi nol-bersih yang diumumkan oleh India sangat signifikan bagi negara dan seluruh dunia. Selama pidato di COP26, Modi mengumumkan lima ‘amrit tatva’ atau rencana dan target dałam mencapai rencana pada 2070. 

Pertama, India akan meningkatkan kapasitas energi non-fosilnya menjadi 500 GW pada 2030. Kedua, India akan memenuhi 50 persen kebutuhan energi dari energi terbarukan pada 2030. 

Ketiga, India akan mengurangi total emisi karbon yang diproyeksikan sebesar satu miliar ton pada 2030. Keempat, pada tahun yang sama, India akan mengurangi intensitas karbon ekonominya menjadi kurang dari 45 persen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement