Selasa 02 Nov 2021 15:49 WIB

Bolehkah Menguap Saat Sholat?

Terkadang kantuk muncul ketika sholat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Bolehkah Menguap Saat Sholat?. Foto:   Sholat di Masjid Istiqlal (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Bolehkah Menguap Saat Sholat?. Foto: Sholat di Masjid Istiqlal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Terkadang seorang Muslim merasa kantuk yang luar biasa dalam sholat. Lalu bagaimana Islam memandang hal ini? Apakah sholatnya batal? Anggota Fatwa Dar al-Ifta Mesir, Syekh Mahmud Syalabi menyampaikan penjelasan soal itu.

Dia menyampaikan bahwa menguap tidak membatalkan sholat. Artinya sholat yang dilakukannya tetap sah dan tidak ada masalah dengan hal itu.

Baca Juga

Anggota Fatwa Dar al-Ifta Mesir yang lain, Syekh Muhammad Wissam juga menyampaikan pandangan yang senada. Dia mengatakan, menguap saat sholat itu tidak membatalkan sholat.

Meski begitu, Rasulullah SAW memang memerintahkan kepada umatnya yang mengalami kondisi tersebut, yakni menguap saat sholat, untuk berusaha mencegah menguap dalam sholat. Namun, menguap saat sholat tidak ada kaitannya dengan sahnya sholat. Karena itu, sholat tetap sah.

"Sunnah bagi orang mukmin yang sedang sholat adalah memerangi keadaan diri yang menguap, dengan cara menyadari bahwa ia sedang dalam posisi terbaik di hadapan Allah, sehingga harus betul-betul menunjukkan rasa hormatnya kepada Allah SWT. Dengan begitu, seorang Muslim akan terhindar dari kuapan," terangnya.

Dia juga mengingatkan, menguap itu sebetulnya dari setan yang berupaya keras mengganggu seorang Muslim yang sedang sholat. Nabi Muhammad SAW telah mengingatkan bahwa menguap itu adalah perbuatan yang berasal dari setan.

Beliau bersabda, "Bersin itu dari Allah dan menguap itu dari setan. Jika salah seorang kalian menguap maka tutuplah mulutnya dengan tangannya dan jika ia katakan 'aaah …' maka setan tertawa di dalam perutnya. Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap."

Karena itu, apabila seseorang menguap hendaknya ia memperhatikan adabnya yaitu dengan berusaha semampunya menahan. Seseorang harus berusaha menolak, mengalahkan, dan menahan kuapan, khususnya ketika sedang sholat.

Sumber

https://www.elbalad.news/5025867

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement