Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Fadhli

Bagaimana Mengatasi Kanker Prostat Sejak Dini?

Gaya Hidup | Tuesday, 02 Nov 2021, 16:33 WIB

Kanker prostat merupakan ancaman yang sering terjadi terutama pada kaum pria. Dilansir dari World Cancer Research Journal, penyakit ini menempati urutan ke 6 sebagai penyebab kematian terbanyak pada kaum pria. Selain itu, seperti yang dimuat pada beberapa media bahwa Mantan Presiden RI Ke 6 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di diagnosis terkena Kanker Prostat. Lantas, Bagaimana cara mencegah kanker prostat sejak dini ?

Seprti yang dilansir oleh hellosehat.com ada beberapa tips untuk mencegah kanker prostat sejak dini adalah sebagai berikut :

1. Kurangi konsumsi lemak hewani dan produk susu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti daging merah (sapi, babi, domba) dan produk susu (susu, keju), merupakan salah satu faktor resioko kanker prostat. Selain itu, pria yang mengonsumsi banyak kalsium, baik dari asupan makanan maupun suplemen, pun lebih berisiko terkena kanker prostat agresif.

2. Perbanyak makan sayur dan buah

Selain lemak sehat, Anda pun perlu mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Kedua jenis makanan ini mengandung nutrisi, vitamin, dan serat tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, yang secara tidak langsung dapat menjadi pencegah kanker prostat.

3. Minum teh hijau dan susu kedelai

Beberapa penelitian menyebut, protein dalam kedelai yang disebut isoflavon telah terbukti dapat menurunkan risiko terjadinya kanker prostat, dengan menurunkan kadar PSA (protein specific antigen) di dalam tubuh. Anda bisa mendapat manfaat tersebut dengan mengonsumsi susu kedelai atau makanan mengandung kedelai lainnya, seperti tahu atau tempe.

4. Olahraga rutin sejak dini

Menjaga tubuh tetap aktif dengan berolahraga secara teratur membantu Anda untuk tetap sehat dan bugar, termasuk terhindar dari kanker prostat. Olahraga juga membantu Anda untuk mempertahankan berat badan ideal. Tak perlu lama-lama, olahraga 15-30 menit setiap hari atau tiga jam dalam seminggu sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Jaga berat badan tetap ideal

Beberapa penelitian menyebut, obesitas dapat meningkatkan risiko kanker prostat agresif. Oleh karena itu, menjaga berat badan tubuh ideal merupakan salah satu cara untuk mencegah kanker prostat sejak dini pada diri Anda. Adapun cara ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan rendah kalori dan berolahraga secara rutin.

6. Tidak mengonsumsi suplemen Vitamin E tambahan

Beberapa penelitian menyebut, terlalu sering mengonsumsi Vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat agresif. Oleh karena itu, selama asupan Anda telah mengandung 15 mg vitamin E, Anda tidak membutuhkan suplemen vitamin E tambahan. Cukup penuhi kebutuhan vitamin E harian dari makanan yang Anda makan sehari-hari, seperti almond, bayam, brokoli, dan alpukat.

Kanker prostat bisa dicegah dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat sehingga kita terhindar dari penyakit-penyakit penyerta yang terjadi pada tubuh.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image