Rabu 03 Nov 2021 06:40 WIB

Waspada, Makanan Sarapan Ini Bisa Naikkan Kadar Kolesterol

Pilih granola yang bahan-bahannya tidak meninggikan kolesterol.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Granola. Makanan sarapan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol kalau bahan-bahannya tak menyehatkan.
Foto: Flickr/Stacy Spensley
Granola. Makanan sarapan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol kalau bahan-bahannya tak menyehatkan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kolesterol tinggi dapat membahayakan kesehatan. Kadar kolesterol akan melonjak ketika zat lemak dalam darah menumpuk dari waktu ke waktu hingga mengganggu sirkulasi darah normal di seluruh bagian tubuh.

Kadar kolesterol tinggi dapat membahayakan. Meningkatnya kadar kolesterol jahat juga dapat memicu risiko penyakit jantung.

Baca Juga

Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin dan tes darah untuk memastikan perlindungan maksimal terhadap risiko penyakit jantung dalam jangka panjang. Ada beberapa faktor risiko kolesterol tinggi, termasuk asupan alkohol, merokok, diet atau pola makan tinggi lemak, dan tidak berolahraga. Sementara lemak sendiri terdiri atas dua jenis, yaitu jenuh dan tidak jenuh.

Kedua jenis lemak ini dapat berbahaya atau bermanfaat bagi kesehatan masing-masing, berdasarkan jumlah yang dikonsumsi. Meskipun ada beberapa makanan yang dianggap sehat, orang hampir tidak menyadari kapan mereka bisa meningkatkan kadar kolesterol secara diam-diam, seperti makanan sarapan yang ada di setiap meja setiap pagi.

 

Dikutip dari laman Times Now News, Selasa (2/10), granola merupakan makanan sarapan yang meningkatkan kadar kolesterol jahat. Meski menjadi makanan sarapan populer yang hadir dalam banyak variasi dan dikatakan kaya akan lemak jenuh dan minim gula, pada kenyataannya, granola juga terkait dengan peningkatan risiko kadar kolesterol tinggi.

Lemak jenuh diketahui meningkatkan kadar LDL atau kadar kolesterol jahat. Itulah sebabnya disarankan untuk mengganti granola untuk sarapan dengan variasi yang lebih sehat.

Menurut American Heart Association, berdasarkan bahan-bahannya, granola yang terdiri atas gula halus, pengawet, dan minyak kelapa itu dapat meningkatkan kadar kolesterol. Itu karena kandungan lemak jenuh yang terdapat pada granola.

Meskipun granola bisa berbahaya bagi kadar kolesterol, membuat pilihan yang bijak bahan-bahan yang digunakan terbukti bisa menjadi solusi bagi penikmat sarapan gandum dan kacang-kacangan itu. Saat berbelanja sereal sarapan, coba perhatikan bahan-bahannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement