Selasa 02 Nov 2021 21:22 WIB

Satgas Klaim Karantina Tiga Hari Melibatkan Masukan Pakar

Pertimbangan lain pengurangan masa karantina adalah cakupan vaksinasi.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ilham Tirta
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito.
Foto: BNPB
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, kebijakan durasi masa karantina selama tiga hari bagi pelaku perjalanan internasional yang sudah divaksin lengkap telah melalui berbagai pertimbangan. Termasuk di dalamnya masukan para pakar dan petugas di lapangan.

"Pada prinsipnya, setiap penyesuaian kebijakan yang dilakukan sudah mempertimbangkan masukan pakar terkait perkembangan riwayat alamiah penyakitnya serta petugas lapangan terkait teknis skriningnya," ujar Wiku dalam konferensi pers secara daring, Selasa (2/11).

Wiku menambahkan, pertimbangan lainnya kebijakan itu adalah cakupan vaksinasi dan hasil survei Seroprevalensi. Begitu juga berbagai upaya pemulihan ekonomi bertahap yang tengah dilakukan.

“Kebijakan pembaharuan dan ini sudah dilakukan. Dan selain itu cakupan vaksinasi hasil survei juga dilakukan dengan baik untuk dipertimbangkan,” ujar Wiku.

Baca juga:

Sebelumnya, Wiku mengungkap kebijakan terbaru terkait dengan skrining bagi pelaku perjalanan internasional ke Indonesia. Salah satunya penyesuaian durasi kewajiban karantina bagi pelaku perjalanan internasional yang telah menerima dosis penuh vaksinasi menjadi tiga hari.

Sedangkan, bagi pelaku perjalanan internasional yang belum divaksin dosis penuh maka kewajiban karantina tetap berlaku lima hari. "Penyesuaian durasi wajib karantina menjadi 3 hari untuk pelaku perjalanan internasional yang telah menerima dosis penuh vaksinasi, 5 hari untuk pelaku perjalanan internasional yang belum divaksin dosis penuh," ujar Wiku.

Wiku mengungkapkan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo juga kewajiban tes ulang PCR untuk menyelesaikan masa karantina juga berlaku sesuai masa durasi karantina masing-masing. Menurutnya, tes ulang RT PCR kedua atau exit test dilakukan pada hari ketiga untuk kewajiban karantina 3 hari dan exit test pada hari keempat untuk kewajiban karantina 5 hari.

Kebijakan lainnya adalah kewajiban testing dengan hasil negatif maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan. Sedangkan kewajiban telah menerima vaksinasi Covid-19 minimal 14 hari pasca penyuntikan serta kewajiban testing ulang atau entry tes saat kedatangan di pintu masuk.

"Penyesuaian aturan ini berlaku di seluruh pintu kedatangan internasional dan termaktub pada kebijakan satgas yang terbaru," kata Wiku.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement