Kamis 04 Nov 2021 16:29 WIB

Sifat-Sifat Orang Mukmin yang Berlapang Dada dalam Alquran

Alquran melalui Surah Al-An'am Ayat 125 jelaskan sifat Mukmin berlapang dada.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Alquran melalui Surah Al-An'am Ayat 125 dan tafsirnya menerangkan dada yang terbuka dan dada yang sempit. Nabi Muhammad SAW juga diriwayatkan memberikan penjelasannya terkait dada yang lapang kepada sahabatnya.

فَمَنْ يُّرِدِ اللّٰهُ اَنْ يَّهْدِيَهٗ يَشْرَحْ صَدْرَهٗ لِلْاِسْلَامِۚ وَمَنْ يُّرِدْ اَنْ يُّضِلَّهٗ يَجْعَلْ صَدْرَهٗ ضَيِّقًا حَرَجًا كَاَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِى السَّمَاۤءِۗ كَذٰلِكَ يَجْعَلُ اللّٰهُ الرِّجْسَ عَلَى الَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ

Baca Juga

Barangsiapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan dadanya untuk (menerima) Islam. Dan barangsiapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. (QS Al-An'am: 125).

Tafsir Kementerian Agama menerangkan ayat ini, jika ada orang yang berjiwa besar dan terbuka hatinya untuk menerima kebenaran agama Islam, maka yang demikian itu disebabkan karena Allah hendak memberikan petunjuk kepadanya. Oleh karena itu, dadanya menjadi lapang untuk menerima semua ajaran Islam, baik berupa perintah maupun larangan.

Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah ditanya tentang kelapangan dada yang dimaksud dalam ayat ini, lalu beliau menjawab, "Itulah gambaran cahaya Ilahi yang menyinari hati orang Mukmin, sehingga menjadi lapanglah dadanya."

Para sahabat bertanya lagi, "Apakah yang demikian itu ada tanda-tandanya?" Nabi Muhammad SAW menjawab, "Ada tanda-tandanya, yaitu selalu condong kepada akhirat, selalu menjauhkan diri dari tipu daya dunia dan selalu bersiap-siap untuk menghadapi kematian." (HR Ibnu Abi Hatim dari Abdullah bin Mas'ud)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement