Kamis 04 Nov 2021 17:45 WIB

Islam Ajarkan Muslim Memelihara Bumi

Tidak menebang pohon adalah penghormatan pada alam dan menjaga keseimbangan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Islam Ajarkan Muslim Memelihara Bumi
Foto: ANTARA/JOJON
Islam Ajarkan Muslim Memelihara Bumi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iklim dunia terus mengalami perubahan. Ada banyak faktor yang menyebabkannya.

Ini termasuk kegiatan manusia dalam pengalihan penggunaan lahan. Sebenarnya, bagaimana Islam memandang pengalihan lahan hijau yang kini banyak digunakan untuk pembangunan?

Baca Juga

Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis) Ustadz Jeje Zaenudin mengatakan Islam mengajarkan agar umat menjaga keseimbangan lingkungan, termasuk melindungi kelestarian hutan dan pepohonan sebagai paru-paru dunia.

Allah Ta'ala berfirman, "... Berbuat baiklah kamu sebagaimana Allah berbuat baik kepadamu dan jangan membuat kerusakan di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang berbuat kerusakan". (QS. Al Qashash ayat 77)

"Dalam ibadah haji ada didikan bagi umat Islam, di mana orang yang sedang ihram haram berburu binatang dan haram juga menebang pohon," kata Ustadz Jeje yang juga Ketua Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Pengembangan Seni Budaya dan Peradaban Islam dan Anggota Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI, Kamis (4/11).

Ustadz Jeje menjelaskan menebang pohon untuk kepentingan hajat hidup manusia seperti membangun rumah, membuka lahan pertanian dan perkebunan dibolehkan selama tidak menimbulkan kerusakan hutan, dan tidak menimbulkan pencemaran lingkungan hidup karena pembalakan hutan secara tidak benar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement