Nigeria Sambut Baik Kerja Sama Bidang Haji dengan Iran

Kamis , 04 Nov 2021, 20:24 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Nigeria Sambut Baik Kerja Sama Bidang Haji dengan Iran. Foto:  ilustrasi Jamaah Haji Nigeria
Nigeria Sambut Baik Kerja Sama Bidang Haji dengan Iran. Foto: ilustrasi Jamaah Haji Nigeria

IHRAM.CO.ID,TEHERAN -- Duta Besar Nigeria untuk Teheran, Yakubu Santuraki Suleiman, menyampaikan negaranya menyambut baik perluasan hubungan dengan Republik Islam Iran di bidang haji dan umroh.

 

Terkait

Hal ini ia sampaikan dalam sebuah pernyataan, usai melakukan pertemuan dengan perwakilan Pemimpin Tertinggi dalam urusan haji dan umrah Iran Hojjatoleslam Abdolfattah Navvab, Rabu (3/11).

Baca Juga

Dilansir di AhlulBayt News Agency, Kamis (4/11), menurut pusat informasi Organisasi Haji dan Ziarah Iran, duta besar Nigeria menggambarkan hubungan Abuja-Tehran sebagai hubungan yang baik.

Dengan hubungan baik ini, Nigeria dapat memanfaatkan pengalaman Iran dalam hal pelaksanaan haji dan umrah ke depannya. Iran juga disebut menghormati hak-hak pemimpin Syiah terkemuka Ibrahim Zakzaky.

Seperti yang diharapkan sebelumnya, negara-negara Islam akan meniru langkah Iran dalam membangun koeksistensi di antara agama-agama Islam sebagai model.

Santuraki Suleiman pun menggarisbawahi umat Islam dunia sangat menghormati Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei. Lebih lanjut, ia mengatakan pengembangan hubungan antara kedua negara ini akan memberi manfaat bagi masing-masing.

Sementara itu, Abdolfattah Navvab mengatakan kesamaan agama dan budaya antara Iran dan Nigeria adalah alasan yang baik untuk membina hubungan bilateral.

"Iran siap berbagi pengalamannya dalam haji dan ziarah dengan Nigeria," kata Hojjatoleslam. Republik Islam juga disebut siap menandatangani kesepakatan bersama dengan Nigeria di lapangan.

Seperti yang dicatat Navvab, kehadiran Sheikh Zakzaky di Nigeria adalah kapasitas positif untuk pertukaran pesan persahabatan. Dilaporkan, ada sekitar 20 kesepakatan bersama antara Iran dan Nigeria di berbagai wilayah.

Sumber:

 

https://en.abna24.com/news/nigeria-welcomes-cooperation-with-iran-in-the-area-of-hajj-pilgrimage_1195255.html?__cf_chl_jschl_tk__=XxycrDwbyvnZaVhBccJhEwcL_ND38ieKoFzK6F7p5JQ-1636013907-0-gaNycGzNCT0

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini