Jumat 05 Nov 2021 02:20 WIB

Kamus Sejarah Bahasa Arab Diluncurkan di Sharjah

Kamus Sejarah Bahasa Arab petakan perkembangan bahasa Arab selama 17 Abad.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
kamus sejarah bahasa Arab (ilustrasi)
Foto: Arab News
kamus sejarah bahasa Arab (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, DUBAI -- Kamus sejarah bahasa Arab telah diluncurkan di Sharjah. Kamus ini memetakan perkembangan bahasa tersebut 17 abad mulai dari zaman pra-Islam hingga zaman modern.

Pengerjaan kamus sejarah bahasa Arab ini telah berlangsung selama bertahun-tahun, dan disusun di bawah arahan Syekh Dr Sultan bin Muhammad Al Qasimi, Penguasa Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA).

Baca Juga

Sebanyak 17 jilid pertama kamus sejarah bahasa Arab diluncurkan pada pembukaan Pameran Buku Internasional Sharjah edisi ke-40 pada Selasa lalu. Dilansir dari laman The National News, Kamis (4/11).

Syekh Sultan bin Ahmed Al Qasimi, Wakil Emir Sharjah, yang menghadiri upacara peluncuran, mengatakan kamus akan tersedia dalam situs web dan aplikasi.

"Isinya mencatat bahasa dan budaya Arab dalam tiga tahap penelitian, prasasti lama, cabang bahasa Semit dengan fokus pada bahasa Arab, serta penggunaan praktis bahasa tersebut,"kata dia. 

Menurut Syekh, Kamus ini mencakup lima zaman, pra-Islam, Islam (Umayyah dan Abbasiyah), dinasti-dinasti, Kesultanan Mamluk, dan sejarah modern.Kamus itu diedit oleh spesialis di Persatuan Akademi Bahasa Ilmiah Arab di Kairo, Mesir.

Lebih dari 300 peneliti dan ahli bahasa Arab senior, editor dan pakar dari sembilan negara mengerjakan kamus tersebut, menurut sebuah pengumuman pada tahun 2019.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement