Tim Wasit Wanita Cetak Sejarah di Yordania

Jumat , 05 Nov 2021, 13:50 WIB Reporter :Rr Laeny Sulistyawati/ Redaktur : Esthi Maharani
ilustrasi peluit wasit
ilustrasi peluit wasit

IHRAM.CO.ID, AMMAN -- Sebuah tim wasit wanita telah membuat sejarah setelah memimpin pertandingan sepak bola untuk pertama kalinya di Yordania. Rekor ini bisa dibuat saat Sahab SC dan al-Baqa'a club bertanding di final kejuaraan Jordan Pro League, Selasa (2/11) lalu.

 

Terkait

Sahab SC dan al-Baqa'a Club saling berhadapan di final dan Sahab yang memenangkan pertandingan 4-1.  Sebuah tim yang terdiri dari empat wasit wanita memimpin pertandingan sebagai langkah untuk mendukung Yordania untuk mempromosikan sepak bola di kalangan wanita.

 Kelompok tersebut dipimpin oleh Israa Mobaideen yang dibantu oleh Islam al-Abadi, Sabreen al-Abadi, dan Haneen Murad dan semuanya disetujui oleh federasi sepak bola internasional (FIFA) yang memenuhi syarat untuk mengelola pertandingan internasional.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters, Mobaideen menekankan bagaimana pertandingan tersebut dapat memiliki efek positif bagi perempuan di masyarakat. Menurutnya, penting untuk memberikan dampak positif pada masyarakat tempat dirinya tinggal.

"Ikut serta dalam liga profesional akan memberikan citra yang baik tentang wasit wanita. Saya bisa mengirim pesan bahwa perempuan bisa bekerja di bidang apapun," katanya seperti dikutip dari laman Middle East Eye, Jumat (5/11).

Bagi warga Yordania, penunjukan tim wasit yang semuanya perempuan merupakan kebanggaan.  Pangeran Ali bin Hussein yang merupakan saudara tiri raja Yordania Abdallah meretweet berita tersebut. Kemudian warganet dan masyarakat yang menanggapi postingan sang pangeran mengungkapkan perasaan bangga mereka mengenai peristiwa bersejarah tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini