Jumat 05 Nov 2021 14:21 WIB

Mendamaikan Orang yang Berselisih

Mendamaikan perselisihan akan mendapatkan keberkahan atas upayanya

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Anak bertengkar (ilustrasi)
Anak bertengkar (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, Terkadang kita mendapati perselisihan di antara anggota keluarga, antar teman, atau pun antar tetangga. Sejatinya ketika ada Muslim dengan Muslim lainnya tengah berselisih itu menjadi ladang amal bagi Anda untuk meraih pahala yang besar dengan cara mendamaikan keduanya (islah). Orang yang dapat mendamaikan perselisihan di antara sesamanya maka ia akan mendapatkan keberkahan atas upayanya mendamaikan.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّـهَ لَعَلَّكُمْ تُرْ‌حَمُونَ ﴿١٠﴾

Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara. Maka itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat," (Alquran surat Al Hujarat ayat 10).

Bahkan dalam sebuah hadits disebutkan perbuatan mendamaikan orang yang berselisih itu adalah amal yang lebih utama dibandingkan dengan sholat, puasa dan sedekah.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَلَاأُخْبِرُكُمْ بِاَفْضَلَ مِنْ دَرَجَةِ الصِّيَامِ وَالصَّلَاةِ وَالصَّدَقَةِ؟ قَالُوْابَلَى:  قَالَ :اِصْلَاحُ ذَاتِ الْبَيْنِ فَاِنَّ فَسَادَذَاتِ الْبَيْنِ هِىَ الْحَالِقَةُ.

Rasulullah Saw bersabda: “Maukah aku kabarkan kepada kalian tentang amal yang lebih utama daripada derajat puasa, sholat dan sedekah? Para sahabat berkata: Tentu saja. Rasulullah bersabda, yaitu mendamaikan antara dua golongan, karena sesungguhnya rusaknya perhubungan antara dua golongan itu ialah perkara yang bisa memutus agama,"(HR. Turmudzi)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement