Sabtu 06 Nov 2021 23:25 WIB

Kontroversi Pemotongan Daging Halal di Beberapa Negara Eropa

Pemotongan hewan dengan konsep halal dan kosher dilarang di 11 negara Eropa

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Proses pemotongan daging halal
Foto: VOA
Proses pemotongan daging halal

IHRAM.CO.ID, TORONTO -- Pemotongan hewan dengan konsep halal dan kosher sekarang dilarang di setidaknya 11 negara bagian Eropa. Pekan lalu, pengadilan Yunani memutuskan untuk melarang pembunuhan hewan dengan cara halal dan kosher dengan mewajibkan agar hewan dibuat pingsan sebelum disembelih.

Dilansir dari Aljazirah, September lalu, Mahkamah Konstitusi Belgia juga menegakkan undang-undang yang melarang penyembelihan halal dan kosher di dua dari tiga wilayah negara itu.

Kedua keputusan tersebut mengikuti keputusan Desember 2020 dari Pengadilan Eropa yang mengizinkan negara-negara untuk melarang penyembelihan halal dan kosher. Padahal pembunuhan hewan untuk olahraga atau "acara budaya" terus dikecualikan di negara-negara itu.

Menteri Kesejahteraan Hewan regional sayap kanan Belgia Ben Weyts, misalnya, menguliahi orang-orang Yahudi dan Muslim tentang ketidakcocokan tradisi "ketinggalan zaman" mereka dengan "masyarakat beradab". Padahal ia mengetahui berbagai tempat jagal hewan justru lebih sadis.

 

Seperti rumah jagal Tielt di wilayah Weyt, Flanders yang memotong 1,5 juta babi per tahun dan ditingkatkan menjadi 2,3 juta. Sebuah kaman video dari tahun 2017 menunjukkan bahwa hewan ditikam, tersiram air panas, dan ditenggelamkan dalam keadaan sadar penuh, serta dipukuli, ditendang, dan diseret dengan rantai.

“Hukum yang melarang beberapa jenis kekerasan juga mengizinkan yang lain," kata sarjana hukum Samera Esmeir dalam Juridical Humanity: A Colonial History.

Akademisi hukum dan penulis yang berbasis di Toronto, Azeezah Kanji menyebut seruan manipulatif kesejahteraan hewan mencapai pendewaan yang mengerikan di Eropa, sama dengan rezim Nazi. Mereka mengaku melindungi hewan dari kekejaman Yahudi, termasuk melarang penyembelihan halal pada tahun 1933, sementara secara bersamaan memandang orang Yahudi sebagai babi, monyet, lintah, tikus, dan lainnya.  -disebut "kutu" untuk dibasmi.

“Kami orang Jerman, yang merupakan satu-satunya orang di dunia yang memiliki sikap yang baik terhadap hewan, juga akan memiliki sikap yang baik terhadap hewan manusia ini,” adalah bagaimana arsitek Holocaust Heinrich Himmler menggambarkan pembantaian orang Yahudi di kamp konsentrasi – secara aneh,  sebagai genosida "manusiawi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement