Ahad 07 Nov 2021 10:50 WIB

Pakistan Gelar Festival Kaligrafi 

Pakistan Gelar Festival Kaligrafi 

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Pakistan Gelar Festival Kaligrafi. Foto: Pameran pamegrafi (ilustrasi).
Foto: Arab News
Pakistan Gelar Festival Kaligrafi. Foto: Pameran pamegrafi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,ISLAMABAD --- Pakistan menggelar festival Lok Mela yakni festival karya seni kaligrafi Islam di Islamabad. Seperti dilansir Iqna.ir pada Ahad (7/11), festival itu banyak memamerkan koleksi karya seni kaligrafi yang dibuat seniman terkenal Azeem Iqbal.

Tampilan utama karya seninya berfokus pada pesan-pesan perdamaian dan kerukunan melalui ayat-ayat dan surat-surat dalam Alqruan. Azeem Iqbal menggunakan berbagai media seperti kulit, batu, kayu, bambu, emas, perunggu, tembaga, dan kertas kerajinan tangan yang dicampur dengan Aabe Zamzam untuk membuat karya yang indah.

Baca Juga

Azeem Iqbal adalah seniman otodidak dan mendapat inspirasi dari alam dengan keyakinan bahwa kaligrafi adalah bidang cinta dan pengabdian. Karya-karya yang dibawanya menangkap periode masa Nabi Muhammad ke dan abad ini.

Azeem Iqbal mengatakan bahwa Kaligrafi Islam memiliki daya komunikatif yang kuat dalam bentuk kata-katanya dalam semua bahasa yang dikenal di dunia, yang diatur oleh aturan yang ketat.

“Kreativitas saya menggambarkan keindahan dan keagungan ritmis ilahi dalam ranah spiritual”, katanya. 

Ia mengatakan bahwa dirinya memperkenalkan gaya dimensional yang unik dan baru dalam Kaligrafi Islam yang meliputi era keemasan Nabi Muhammad hingga abad ini.

Karya seninya sudah dipajang di Museum Monumen Pakistan, Lok Virsa, Yayasan Buku Nasional, dan lainnya Penggemar seni di Islamabad dapat mengunjungi pajangan Kaligrafi tradisional di Lok Mela, untuk melihat karya seniman Azeem Iqbal, yang dipajang hingga Ahad 7 November .

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement