Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Angelina Iskandar saputri

Singapura sebagai Studi Kawasan Prioritas dalam Perkembangan Ekonomi pada Segi Geopolitik Indonesia

Politik | Sunday, 07 Nov 2021, 12:05 WIB
Oleh: Angelina Iskandar Saputri, Mahasiswa Universitas Islam Indonesia, Prodi Hubungan Internasional

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk dan luas wilayah yang cukup besar dibandingkan beberapa negara lainnya yang berada di kawasan Asia Tenggara. Hal ini tentunya mengharuskan negara Indonesia untuk terus meningkatkan dan mengembangkan berbagai macam pengetahuan di ruang lingkup hubungan internasional termasuk fokus studi kawasan yang berguna bagi kita untuk tau dan paham mengenai regionalisme suatu kawasan, kebijakan antar kawasan, permasalahan dan penyelesaian seperti apa yang dihadapi kawasan tersebut secara mendalam, serta bahwasanya setiap kawasan itu mempunyai kekhasan tersendiri dalam melihat suatu hal dalam dunia internasional yang dapat kita pelajari untuk mengembangkan berbagai macam hal termasuk peningkatan perekonomian negara Indonesia.

Seperti yang kita ketahui dimasa seperti ini khususnya di kawasan asia tenggara banyak sekali negara- negara yang mengalami keterpurukan dan kesusahaan tidak hanya pada bidang kesehatan namun bidang perekonomian juga ikut memburuk termasuk negara kita Indonesia pun mengalami hal yang sama. Banyak negara berkembang mau pun maju merasa tercekik hingga terjun dan mengalami resesi sebut saja pada kawasan asia tenggara seperti Singapura, Filipina, Malaysia dan Thailand yang sudah terjun dan dihantam resesi akibat ganasnya kontraksi ekonomi yang terjadi namun itu bukanlah akhir dari sebuah negara yang mengalami resesi, berangsur-angsur negara yang mengalami keterpurukan itu pun bangkit dan memperbaiki perekonomian negaranya agar dapat keluar dari jurang resesi yang menghantam negara mereka.

Salah satu negara yang sudah berangsur baik perekonomiannya dan keluar dari jurang resesi ialah Singapura. Singapura yang merupakan negara maju dan unggul dikawasan Asia Tenggara ini berada berdekatan dengan Indonesia dan Malaysia tepatnya di perairan Selat Malaka yang mana letaknya terkepung di tengah antara negara- negara kawasan Asia Tenggara dan lautan negara lain. Hal ini mengharuskan negara Singapura untuk lebih hati- hati dan peka terhadap negara disekitarnya mulai dari segi militer, ekonomi pembangunan ataupun politik, karena satu langkah salah saja bisa menjadi sebuah ancaman yang mematikan untuk Singapura. Dibalik itu semua kemajuan negara Singapura ini tak lepas dari kerja keras pemerintahannya sejak awal berdirinya negara ini, tidak hanya dikawasan Asia Tenggara saja namun juga di kancah dunia internasional Singapura juga menjadikan negaranya sebagai poros perekonomian yang menjadi role model bagi negara di kawasan Asia Tenggara serta mempunyai peran yang penting dalam segi keuangan dan perdagangan internasional.

Singapura dapat membuktikan bahwasanya negaranya ini walaupun hanya sebuah negara yang minim dengan sumber daya alam serta dengan keadaan perekonomian yang buruk dan dengan sumber daya alam yang terbatas dapat mampu untuk terus berkembang hingga maju dalam berbagai bidang seperti sector ekspor- impor, stabilitas politik, pembangunan manusia, perdagangan serta investasi, yang mana negara ini tingkatnya sangat tinggi (berkembang pesat) tentunya patut dijadikan role mode bagi negara lainnya. Setelah resesi yang terjadi pun negara ini tidak dengan mudah menyerah, Singapura terus berjuang dan mengembalikan semuanya ke posisi awal untuk menyejahterakan negaranya.

Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak keunggulan dari negara yang ada di kawasan Asia Tenggara seharusnya dapat tumbuh berkembang dan lebih maju dari singapura, yang mana negara Indonesia memiliki letak geopolotik yang ideal didukung dengan sumber daya alam yang sangat melimpah ruah, jumlah pulau yang banyak, mempunyai pertambangan, perkebunan kelapa sawit yang luas dan masih banyak sumber daya lainnya yang sangat menguntungkan bagi Indonesia. Semestinya sumber daya ini dapat dikelola sebaik mungkin oleh Indonesia guna mempertahankan dan memperkuat posisi Indonesia dalam dunia internasioal yang bertujuan untuk memajukan politik serta perekonomian bangsa. Indonesia juga harus bisa melebarkan sayap kerjasama antar negara di kawasan Asia Tenggara untuk menjaga kestabilan dan meningkatkan perekonomian contohnya seperti ekspor- impor yang dilakukan oleh Singapura.

Selain itu Indonesia juga bisa memanfaatkan letak geografis yang dimiliki karena sangat strategis sebagai jalur perdagangan internasional guna mengembangkan kerjasama dibidang perdagangan. Bukan suatu hal yang tidak mungkin sewaktu- waktu Indonesia bisa saja mengalami resesi dan keterpurukan ekonomi seperti negara lainnya yang berada dikawasan Asia Tenggara, untuk menghindari hal tersebut Indonesia harus banyak belajar dari negara lain seperti Singapura yang sudah pernah mencicipi resesi dan berhasil keluar dari zona tersebut dan berangsur bangkit dan pulih, agar perekonomian Indonesia tidak menurun serta semakin bagus dan berkembang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image