Senin 08 Nov 2021 11:44 WIB

Kartunis Terkemuka Iran Meninggal Terinfeksi Covid-19

Kartunis terkemuka Iran, Kambiz Derambakhsh meninggal akibat Covid-19

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Bendera Iran
Foto: Tehran Times
Bendera Iran

IHRAM.CO.ID, TEHERAN – Kartunis terkemuka Iran, Kambiz Derambakhsh, meninggal akibat terinfeksi Covid-19 pada Ahad (7/11). Derambakhsh diketahui telah menerbitkan dan memamerkan karyanya di seluruh dunia.

Derambakhsh meninggal pada usia 79 tahun. “Meskipun Derambakhsh telah meninggal, warisannya yang berharga, yang dipahami rakyat Iran, akan tetap abadi dalam ingatan kami,” kata Menteri Kebudayaan Iran Mohammad Mehdi Esmaili dalam sebuah pernyataan, dikutip laman Al Arabiya.

Derambakhsh telah berkarier sebagai kartunis selama 60 tahun. Dia telah menuai banyak pujian dan apresiasi, tak hanya di dalam negeri Iran, tapi juga kancah internasional. Karyanya diterbitkan di surat kabar di sejumlah negara, termasuk di Amerika Serikat (AS) dan Jerman.

Derambakhsh dikenal karena karakternya yang mewakili manusia biasa tanpa wajah, digambar dengan garis sederhana. Pada 2014, dia diganjar penghargaan bergengsi Chevalier de l'Ordre des Arts et des Lettres Prancis sebagai pengakuan atas karyanya.

Terkait Covid-19, Iran memang menjadi negara Timur Tengah yang paling parah terpukul pandemi. Sejauh ini negara tersebut sudah mencatatkan 5,98 juta kasus Covid-19 dengan korban meninggal mencapai 127 ribu jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement