Mesir Temukan Makam Anggota Kerajaan Ramses II

Selasa , 09 Nov 2021, 15:17 WIB Reporter :Lintar Satria/ Redaktur : Esthi Maharani
Sphinx Firaun Ramses II
Sphinx Firaun Ramses II

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Pemerintah Mesir mengumumkan telah menemukan makam Ptahemwia, kepala keuangan masa kekuasaan Raja Ramses II atau Ramses yang agung. Penguasa Mesir selama 66 tahun dari 1279 hingga 1212 Sebelum Masehi.

 

Terkait

"Misi dari Fakultas Arkeologi Universitas Kairo yang dipimpin Ola al-Ajezy berhasil menemukan makam selama penggalian di wilayah Saqqara, selatan jalan menanjak Raja Unas," kata pihak berwenang Mesir seperti dikutip Al-Monitor, Selasa (9/11).

Arkeolog dan pejabat Mesir memuji penemuan bersejarah yang ditemukan pada 30 Oktober lalu itu mengingat status pemilik makam yang ditemukan. Selain itu makan tersebut juga akan memberikan informasi baru mengenai masa kekuasaan Ramses II.

Berdasarkan Dinas Informasi Negara Mesir, Ramses II merupakan Firaun paling berkuasa dan terkenal di Mesir. Ia memimpin beberapa penyerang ke utara Syam.

Dalam pertempuran kedua di Kadesh pada tahun keempat masa kekuasaannya yakin 1274 Sebelum Masehi, pasukan Mesir di bawah kepemimpinannya bertempur dengan pasukan orang-orang Het yang dipimpin Raja Mwatalis.

Selama bertahun-tahun tidak ada yang memenangkan perang tersebut. Dengan alasan ini pada masa kekuasaannya yang ke-21 Ramses II memutuskan untuk membuat Perjanjian Damai dengan Hattusilis III. Perjanjian damai tertulis tertua dalam sejarah.

Dalam pernyataannya  Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mesir Mustafa Waziri mengatakan selain menemukan makam negarawan senior dari dinasti abad ke-19 dan peneliti juga melengkapi situs makam abad ke-18. Dan yang paling terpenting adalah situs komandan militer Hor Moheb.

"Pentingnya sebuah makam berasal posisi yang dipegang pemiliknya, sebagai juru tulis kerajaan, sebagai kepala keuangan, sebagai kepala pengawas peternakan, orang yang bertanggung jawab pada persembahan ke Kuil Ramses II di Thebes," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini