Selasa 09 Nov 2021 18:43 WIB

Mengapa 3 Kata Surat Fussilat Ini Dorong Ketaatan Muslim?

Alquran mendorong umat Islam untuk senantiasa taat

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran mendorong umat Islam untuk senantiasa taat. Ilustrasi Muslim ibadah
Foto: Prayogi/Republika
Alquran mendorong umat Islam untuk senantiasa taat. Ilustrasi Muslim ibadah

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO— Alquran menyebutkan tiga kata untuk mendorong manusia agar meningkatkan ketakwaan.

Anggota Dewan Tertinggi Urusan Islam Mesir, Syekh Khalid Al Jundi, mengatakan kata tersebut adalah "laa Takhofu, wa laatahzanu, wa abshiru (janganlah kamu takut dan bersedih)." Tiga kata ini terdapat di surat Fussilat ayat 30: 

Baca Juga

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ 

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan, "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih dan gembirakanlah mereka dengan jannah (surga) yang telah dijanjikan Allah kepadamu." 

Syekh Khalid mengatakan, wahai para pencari keutamaan ketaatan kepada Tuan-mu, sudah waktunya hamba kembali kepada Tuannya, maka tidak ada takut, kesedehan, dan itulah berita gembira dengan surga.       

Dalam Tafsir Al Madinah Al Munawwarah/ Markaz Ta'dzhim dunia dan akhirat Orang-orang yang berkata dengan jujur, “Tuhan kami hanyalah Allah, tiada sekutu bagi-Nya”, kemudian mereka senantiasa menjalankan kewajiban; maka malaikat akan turun kepada mereka saat ajal tiba dan saat di alam kubur untuk menyampdanaikan kabar gembira:

“Janganlah kalian takut dari apa yang akan kalian hadapi, janganlah kalian bersedih atas apa yang telah berlalu. Bergembiralah dengan surga yang telah Allah janjikan kepada kalian melalui lisan para rasul. Kami adalah para penolong kalian di nunia, dan kami bersama kalian di akhirat.

Dalam surga kalian akan mendapatkan segala kenikmatan yang kekal yang kalian inginkan dan kedudukan yang kalian minta; sebagai kemuliaan dan sambutan dari Tuhan Yang Mahamengampuni dosa-dosa dan Mahamengasihi kalian.” 

Dia menambahkan dengan menukilkan sebuah riwayat, bahwa seseorang mendatangi Hasan Al Bashri, menanyakan nikmat surga. Seseorang pun pergi ke toko sufi terkemuka itu dan menanyakan, “Gambarkan surga.”

Lalu dia menyebutkan sabda Rasulullah bahwa orang-orang yang teguh kepada Allah SW mereka akan mengetahui pemberiaannya. Meski terkadang sebagian orang mengukumi tingkah lakunya yang melebihi pedoman keseimbangan.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement