Rabu 10 Nov 2021 07:25 WIB

Ribuan Koin Masa Kejayaan Islam Dipamerkan di UEA

Koin-koin itu mengungkapkan sejarah peradaban Islam.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
5 koin yang berasal dari masa era awal Islam.
Foto: artdaily
5 koin yang berasal dari masa era awal Islam.

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI --- Sebuah Museum di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) akan memajang ribuan koin perak bersejarah dari masa peradaban Islam. Museum Louvre Abu Dhabi akan memajang koin-koin bersejarah dari masa pemerintahan Raja Shapur II (309-379) dari Persia sampai Khalifah Abbasiyah Al Ma'mun (813-833) dan berisi sejumlah besar koin Islam abad pertengahan.

Ada sebanyak  2.861 koin perak yang diproduksi di benua Eurasia ini dilengkapi dengan 67 koin tunggal tambahan dalam emas atau paduan emas yang diproduksi di wilayah cekungan Mediterania dan Eurasia selama periode sekitar 1.000 tahun dari abad ke-6 hingga ke-16.

Baca Juga

Koin-koin itu mengungkapkan sejarah regional dan lokal, menandakan perubahan politik, perebutan kekuasaan, dan nilai perubahan ditempatkan pada logam mulia selama periode ini.

“Pameran ini akan menampilkan sejarah moneter global. Ini menyoroti perdagangan, pertukaran budaya dan dinamika politik mengungkapkan ekonomi dunia yang saling berhubungan antara wilayah yang jauh. Ini bersaksi tentang kelahiran mata uang Islam dan evolusinya," kata Kepala Kurator di Louvre Abu Dhabi, Guilhem Andre seperti dilansir Iqna.ir pada Rabu (10/11).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement