Rabu 10 Nov 2021 14:15 WIB

Malaysia akan Umumkan Biaya Haji 2022

Malaysia Perkirakan Biaya Haji Diumumkan Sebelum awal tahun 2022

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Malaysia akan Umumkan Biaya Haji 2022. Foto:   Calon jamaah haji Malaysia
Foto: Malaysian Digest
Malaysia akan Umumkan Biaya Haji 2022. Foto: Calon jamaah haji Malaysia

IHRAM.CO.ID,TAMPIN -- Wakil Menteri di Departemen Perdana Menteri (Urusan Agama) Datuk Ahmad Marzuk Shaary menyebut biaya pelaksanaan haji diperkirakan akan diketahui sebelum awal tahun depan.

Meski demikian, dia tidak menutup kemungkinan adanya kenaikan biaya menyusul keputusan pemerintah Arab Saudi menaikkan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 15 persen.

Baca Juga

“Biaya juga diperkirakan akan meningkat, karena pemberlakuan standar operasional prosedur (SOP) baru untuk penanganan pandemi Covid-19. Biaya haji yang sebenarnya akan diumumkan setelah rapat kabinet, yang diperkirakan akan berlangsung sebelum awal tahun depan,” katanya dalam konferensi pers dikutip di Bernama, Rabu (10/11).

Sebelumnya, beberapa media telah melaporkan biaya haji diperkirakan akan meningkat. Sebagian besar dipengaruhi aturan jarak fisik, seperti di kamar hotel dan bus, serta terbatasnya pergerakan jamaah di dalam Masjidil Haram.

Di sisi lain, Ahmad Marzuk mengatakan pemerintah akan terus memberikan subsidi kepada individu yang ingin menunaikan ibadah haji.

“Sebelum pandemi Covid-19, biaya haji sekitar 24.000 ringgit Malaysia, tetapi setiap jamaah hanya diharuskan membayar 9.980 ringgit karena sisanya ditanggung oleh pemerintah,” katanya.  

Sumber:

https://www.bernama.com/en/general/news.php?id=2021369

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement