Kamis 11 Nov 2021 16:06 WIB

Politikus PDIP: Relawan adalah Aset Politik

Politikus PDIP mengatakan relawan bisa mendorong meningkatkan elektabilitas seseorang

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bayu Hermawan
Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Andreas Hugo Pareira mengatakan bahwa relawan menjadi salah satu faktor pendorong meningkatkan elektabilitas seseorang. Ia melihat, relawan adalah aset politik dalam setiap kontestasi.

"Relawan ini memang aset, ini aset politik, aset elektoral yang harus dimanage dengan baik, dikelola dengan baik," ujar Andreas di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (11/11).

Baca Juga

Namun, relawan ini perlu dikelola dengan baik untuk memunculkan manfaat elektoran bagi orang yang didukungnya. Hal tersebut berhasil, ketika relawan berperan dalam pemenangan Joko Widodo pada 2014 dan 2019.

"Sehingga faktor relawan memang kemudian mendongkrak bener, membuat politik itu mrnjadi meriah. Meriah dalam arti tingkat partisipasinya, tetapi juga ini mendorong elektabilitas dan juga pihak pemenangan," ujar Andreas.

 

PDIP, kata Andreas, sadar betul dengan hadirnya banyak relawan yang mendukung sejumlah kader partai berlambang kepala banteng itu. Kendati demikian, partainya mengaku tak mempersoalkan hal tersebut.

"Karena semua ini adalah aset, yang bagaimana kemudian kalau dimanage dengan baik akan menjadi akumulasi politik dan kekuatan," ujar anggota Komisi X DPR itu.

Jika berhasil dikelola dengan baik, akan tercipta sinergi antara partai dan relawan. "Dalam satu barisan yang sama untuk suatu kepentingan yang sama, yaitu pemenangan kandidat yang diusung oleh partai," ujar Andreas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement