Kamis 11 Nov 2021 19:04 WIB

Banjir Terjang Dua Desa di Pacitan

Banjir yang terjadi merupakan luapan dari anak sungai yang tidak mampu menampung air.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi Banjir
Foto: MGIT3
Ilustrasi Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan dengan intensitas sedang yang terjadi sejak Rabu (10/11) malam hingga Kamis (11/11) pagi menyebabkan banjir di dua desa yang berada di Pacitan, Jawa Timur. Adapun dua desa terdampak tersebut antara lain Desa Pagerejo, Kecamatan Ngadirojo dan Desa Belah di Kecamatan Donorojo.

"Merujuk data yang dikeluarkan Pusdalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Kamis (11/11) pukul 12.00 WIB, tercatat sebanyak 7 KK/30 jiwa terdampak dan tujuh unit rumah terendam banjir dengan tinggi muka air (TMA) 20-50 sentimeter," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari  seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (11/11).

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo menambahkan, banjir yang terjadi merupakan luapan dari anak sungai yang tidak mampu menampung air sehingga meluap hingga permukiman masyarakat. Sebab, Pacitan dari malam hingga pagi hujan dengan intensitas sedang, kemudian terjadi penyumbatan pada selokan, sehingga mengalami kenaikan debit air dan meluap ke jalan dan permukiman penduduk. 

"Meskipun sempat banjir, namun hanya terjadi sesaat karena hujan sudah reda dan langsung dilakukan pembersihan,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement