Jumat 12 Nov 2021 08:10 WIB

Koke: Kami Bertanggung Jawab Bawa Spanyol Tampil di Qatar

Spanyol mengalahkan Yunani 1-0 dan naik ke puncak klasemen Grup B.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Koke (tengah) menjadi kapten Spanyol pada laga kualifikasi piala dunia 2022 melawan Yunani. Spanyol mengalahkan Yunani 1-0.
Foto: EPA-EFE/GEORGIA PANAGOPOULOU
Koke (tengah) menjadi kapten Spanyol pada laga kualifikasi piala dunia 2022 melawan Yunani. Spanyol mengalahkan Yunani 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Spanyol memetik kemenangan krusial dalam upaya lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Kegagalan Swedia memetik poin kala berhadapan dengan Georgia direspons Spanyol dengan kemenangan tipis 1-0 atas Yunani pada laga ketujuh Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Jumat (12/11) dini hari WIB. 

Kemenangan Spanyol dipastikan via gol tendangan penalti Pablo Sarabia pada menit ke-26. Sarabia, yang tengah dipinjamkan Paris Saint Germain ke Sporting Lisbon pada musim ini, sukses mengeksekusi hadian tendangan penalti itu setelah Inigo Martinez dilanggar di kotak 16 Yunani. Gol itu cukup memastikan tia angka dari laga yang digelar di Stadion Olympiade, Athena. Kemenangan tipis itu membawa La Roja naik satu peringkat ke posisi teratas klasemen Grup B, menggeser Swedia yang menelan kekalahan mengejutkan 0-2 dari Georgia. 

Baca Juga

Gelandang timnas Spanyol Koke menegaskan, timnya berhak meraih kemenangan pada laga ini. "Pada babak pertama, kami tampil baik dan berhasil menciptakan peluang. Pada babak kedua, mereka mencoba membalas, tapi kami bisa mengendalikan permainan. Kami layak meraih kemenangan di laga ini. Tim ini telah bersiap dengan maksimal dan mempelajari kelemahan Yunani," tutur Koke seusai laga seperti dikutip Marca, Jumat (12/11). 

Gelandang Atletico Madrid itu mengakui, meski sedikit terbantu dengan keberhasilan Georgia membungkam Swedia dalam laga yang lebih dulu digelar, Spanyol tetap berusaha keras dan berkonsentrasi penuh untuk bisa meraih poin penuh di laga ini. Kemenangan ini, tutur Koke, sangat fundamental buat Spanyol.

"Kami masih bergantung pada diri kami sendiri untuk bisa lolos. Laga ini sangat krusial. Georgia mungkin sedikit membantu kami. Namun, kami hanya berpikir soal laga yang kami hadapi. Yunani adalah tim yang kuat dan memiliki determinasi tinggi," ujar Koke. 

Kini, gelandang berusia 29 tahun itu bertekad untuk menyelesaikan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan memastikan Spanyol lolos langsung ke Qatar sebagai juara Grup B. Caranya dengan mengalahkan Swedia atau minimal menahan imbang pada laga terakhir di Stadion Cartuja, Sevilla, pada laga pamungkas, Senin (15/11) WIB. Jika kalah, Spanyol mesti melewati babak play-off.

"Sudah menjadi tanggung jawab kami untuk bisa mengantarkan Spanyol ke putaran final Piala Dunia 2022. Hal ini karena level permainan dan barisan pemain yang dimiliki oleh tim ini. Tampil di Piala Dunia adalah pengalaman terbaik," kata Koke. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement