Jumat 12 Nov 2021 09:30 WIB

Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Brasil Lolos ke Qatar 2022

Brasil mengalahkan Kolombia 1-0 pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Gelandang Brasil Lucas Paqueta merayakan golnya ke gawang Kolombia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol.
Foto: EPA-EFE/Sebastiao Moreira
Gelandang Brasil Lucas Paqueta merayakan golnya ke gawang Kolombia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAOLO -- Brasil memastikan tiket ke Piala Dunia 2022 Qatar mewakili CONMEBOL. Kepastian didapat setelah Brasil mengalahkan Kolombia 1-0 pada matchday ke-13 Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Arena Corinthians, Sao Paolo, Brasil, Jumat (12/11) pagi WIB. Gol kemenangan Brasil dicetak Lucas Paqueta.

Ini menjadi laga ke-12 Selecao pada  babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL. Sebab satu laga kontra Argentina terpaksa ditunda. Dari 12 laga tersebut, Neymar dan kawan-kawan sukses mengemas 11 kemenangan dan satu hasil imbang. Satu-satunya kegagalan Brasil memetik poin penuh dalam periode tersebut adalah kala ditahan imbang 0-0 di kandang Kolombia, pertengahan Oktober silam.

Baca Juga

Dengan tambahan tiga poin di laga ini, Brasil telah memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022 meski masih menyisakan enam laga sisa pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL. Sebab poin Brasil tak bisa lagi dikejar tim-tim di posisi lima dan enam klasemen sementara. Selecao minimal finis di empat besar meskipun kalah dalam enam laga sisa.

Hanya empat tim teratas dari CONMEBOL yang berhak lolos langsung ke Piala Dunia 2022. Peringkat lima harus menjalani play-off antarkontinental.

Selecao mengemas 34 poin dari 12 laga, unggul sembilan poin dari Argentina. Rencananya, Albiceleste akan melakoni laga ke-12 saat bertandang ke kandang Uruguay pada Jumat (12/11) waktu setempat.

Jalannya Laga

Pada babak pertama, laga cenderung berjalan terbuka. Brasil berusaha mencetak gol cepat via aksi dari Neymar dan Gabriel Jesus. Di sisi lain, Kolombia mencoba mengejutkan gawang tim tuan rumah lewat penetrasi yang dilakukan Duvan Zapata. Pada pertengahan babak pertama, Brasil sempat mendapatkan peluang emas via sepakan Casemiro dari luar kotak penalti. Namun, sepakan gelandang Real Madrid itu masih belum menemui bidang sasaran.

Sepanjang babak pertama, Kolombia terbukti bisa meredam berbagai serangan Brasil sambil sesekali mengancam via serangan balik. Kedua tim harus puas mengakhiri babak pertama dengan skor imbang, tanpa gol. Pada jeda pergantian babak, pelatih Brasil, Tite, memutuskan melakukan pergantian pemain. Winger Real Madrid, Vicinius Junior, masuk menggantikan Fred. Dengan masuknya Vicinius Junior ini, Tite agaknya berniat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas serangan anak-anak asuhnya.

Pada awal babak kedua, Vicinius Junior lebih banyak beroperasi di sisi kiri serangan Brasil. Pemain yang telah mengoleksi sembilan gol dan tujuh assist dari 16 laga pada awal musim ini tersebut menggantikan Neymar, yang ditarik lebih ke dalam dan ditempatkan sebagai penyerang lubang. Pada menit ke-57, Neymar memiliki kesempatan membawa Brasil unggul via tendangan bebas dari luar kotak penalti. Namun, sepakan bintang Paris Saint Germain itu masih melebar beberapa centi dari gawang Los Cafeteros, julukan Kolombia.

Belum juga berhasil memecah kebuntuan hingga satu jam laga, Brasil terus menekan pertahanan tim tamu. Sepak pojok pada menit ke-65 berhasil ditanduk Mattheus Cunha. Kendati begitu, bola hasil tandukan pemain pengganti Gabriel Jesus itu masih melambung. Gol pertama di laga ini akhirnya tercipta pada menit ke-72. Lucas Paqueta membawa Selecao unggul lewat sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Gol gelandang Lyon itu berawal dari keberhasilan Marquinhos mematahkan serangan Kolombia. Marquinhos kemudian mengoper bola ke rekan setimnya di PSG, Neymar, yang berdiri tepat di depan kotak penalti Kolombia. Dengan satu sentuhan, Neymar langsung mengirimkan umpan terobosan ke Paqueta yang merangsek ke dalam kotak penalti. Umpan itu disambut Paqueta dengan sepakan kaki kanan. Laju bola tidak bisa ditahan sepenuhnya oleh kiper Kolombia, David Ospina, dan terus meluncur ke pojok kanan bawah gawang. Skor, 1-0, ini bertahan hingga laga usai.

Daftar Susunan Pemain

Brasil (4-3-3)

Alisson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Fred (Vinicius 46'), Casemiro, Lucas Paqueta (Fabinho 86'); Raphinha (Antony 64'), Jesus (Cunha 64'), Neymar 

Pelatih: Tite 

Kolombia (4-3-3)

Ospina: Munoz (James Rodriguez 78'), Sanchez, Tesillo, Mojica (8-Cuellar 55'); Lerma, Barrios (Muriel 78'), Moreno; Cuadrado, Zapata, Diaz 

Pelatih: Reinaldo Rueda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement