Jumat 12 Nov 2021 12:40 WIB

Paqueta Lega Antar Brasil ke Putaran Final Piala Dunia 2022

Brasil menjadi tim pertama yang lolos ke Piala Dunia 2022 dari Zona CONMEBOL.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Gelandang Brasil Lucas Paqueta (kanan) menangis setelah mencetak gol ke gawang Kolombia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Brasil mengalahkan Kolombia 1-0.
Foto: EPA-EFE/Sebastiao Moreira
Gelandang Brasil Lucas Paqueta (kanan) menangis setelah mencetak gol ke gawang Kolombia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Brasil mengalahkan Kolombia 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, SA0 PAOLO -- Brasil berhasil memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022 usai membungkam Kolombia 1-0 pada matchday ke-13 Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL. Gelandang Lyon, Lucas Paqueta, tampil sebagai pahlawan kemenangan Selecao pada laga kontra Kolombia di Arena Corinthians, Sao Paolo, Brasil, Jumat (12/11) pagi WIB. 

Gelandang berusia 24 tahun itu berhasil memanfaatkan sodoran umpan terobosan Neymar pada menit ke-72. Bola sepakan kaki kanan Paqueta dari dalam kotak penalti tidak bisa dihalau oleh kiper Kolombia, Davis Ospina. Itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta dalam laga yang digelar di Stadion Arena Corinthians tersebut. 

Baca Juga

Gol ini sudah cukup untuk membawa Brasil membungkam tamunya. Buat Paqueta, ini menjadi gol keenam mantan gelandang AC Milan itu dalam 27 laga memperkuat timnas senior Brasil. Dalam selebrasi golnya, Paqueta sempat terlihat meneteskan air mata. Paqueta pun tidak menampik rasa harunya usai berhasil membawa Selecao unggul di laga itu sekaligus memastikan lolos ke Qatar. 

"Saya rasa, itu adalah tangis kebahagian untuk semua momen yang telah saya jalani. Tidak hanya bersama Lyon pada musim ini, tapi juga bersama tim ini. Saya harap, saya bisa terus mempertahankan performa saya sepanjang musim ini,'' tutur Paqueta kepada TV Globa seusai laga seperti dikutip ESPN.

Dinilai kesulitan beradaptasi di AC Milan, Paqueta memutuskan hijrah ke Olimpique Lyon pada awal musim lalu. Di Lyon, Paqueta seolah kembali menemukan performa terbaiknya. Setelah hanya bisa mengemas satu gol dari 44 penampilan selama dua musim memperkuat Milan, Paqueta kini mencetak 15 gol dari 50 laga bersama Lyon. Catatan ini termasuk sumbangan lima gol dari 16 laga pada awal musim ini. 

Berkat kemenangan ini, Brasil kian kokoh di puncak klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan koleksi 34 poin dari 12 laga. Tim Samba pun telah memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022 meski masih menyisakan enam pertandingan sisa di babak kualifikasi Zona CONMEBOL.

Raihan poin pengoleksi lima gelar juara Piala Dunia itu sudah tidak mungkin lagi dikejar oleh peringkat kelima atau enam klasemen sementara yang ditempati oleh Kolombia dan Uruguay. Selecao minimal finis di empat besar andai selalu kalah dalam enam laga sisa mereka.

Hanya empat tim teratas dari CONMEBOL yang berhak lolos langsung ke Piala Dunia 2022. Peringkat lima harus menjalani play-off antarkontinental untuk tiket ke Qatar.

Namun, kalah adalah hal terakhir yang ada di kepala para pemain Brasil. Paqueta menyebut, tim Selecao telah menenuhi target untuk bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Namun eks gelandang Flamengo itu menegaskan, Tim Samba akan berusaha untuk tetap berada di trek kemenangan pada laga sisa babak kualifikasi. Terlebih ada rival bebuyutan Argentina menanti.

"Lolos ke Piala Dunia 2022 adalah target utama kami. Kini, kami telah berhasil mencapainya. Namun, ini soal mempertahankan tren positif penampilan. Pada laga berikutnya, kami akan menghadapi Argentina. Kami akan beristirahat untuk bisa menghadapi laga besar itu," kata Paqueta.

Brasil masih menyisakan enam laga lagi pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Selain menghadapi Argentina sebanyak dua kali, Selecao akan ditantang Ekuador, Paraguay, Cile, dan Bolivia.

Menegaskan Paqueta, bek Brasil Marquinhos mengungkapkan tekad Tim Samba untuk terus menjaga hasil positif mereka. “Kami siap,” kata Marquinhos.

Ia mengatakan, Brasil hanya perlu terus bekerja keras. Walaupun memiliki beberapa pertandingan untuk dijalani, ia menjajikan skuad Brasil akan memberikan komitmen seperti biasa.

"Kami tahu tidak ada banyak waktu untuk berpikir. Piala Dunia datang dengan cepat dan kami ingin terus berkembang sehingga kami berada dalam performa terbaik ketika kami sampai di sana,” kata sosok yang mulai terkenal ketika membela AS Roma pada 2012 silam.

photo
Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL - (Google)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement