Saudi Selenggarakan Kompetisi Penghafal Alquran

Jumat , 12 Nov 2021, 14:15 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Alquran
Alquran

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kerajaan Arab Saudi akan menyelenggarakan musabaqah hafalan Alquran Penghargaan Raja Salman bin Abdulaziz. Musabaqoh ini diselenggarakan oleh Kementerian Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan dengan total hadiah sebesar 3.126.000 riyal (Rp 11,8 miliar).

 

Terkait

Dilansir dari Saudi Press Agency, Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, telah menyetujui kompetisi lokal tersebut. Perlombaan termasuk Hafalan, Pelafalan, dan Interpretasi Alquran oleh anak laki-laki maupun perempuan yang akan diselenggarakan selama bulan Rajab dan Sya'ban, 1443 H.

Pada kesempatan ini, Menteri Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan, Pengawas Umum Kompetisi Alquran  Lokal dan Internasional, Syekh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Sheikh, menyampaikan rasa terima kasihnya, kepada Penjaga Dua Masjid Suci dan Putra Mahkota atas kepedulian mereka untuk segala sesuatu yang melayani Alquran  dan berkontribusi untuk menyebarkan pengetahuannya.

"Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, semoga Tuhan melindunginya, mengeluarkan persetujuan untuk mengadakan kompetisi lokal untuk Penghargaan Raja Salman bin Abdulaziz untuk Menghafal, Membaca dan Menafsirkan Alqur'an," ujarnya dilansir dari Saudi Press Agency, Jumat (12/11).

Dikutip dari Middle East in 24, adapun komponen kontes terdiri dari bagian-bagian berikut:

Cabang Bacaan: Menghafal seluruh Alquran  dengan kinerja dan intonasi yang baik dengan tujuh bacaan yang sering dari jalur Shatbya dan Tayseer "Rayawa wa Daraya"

Bagian I: Menghafal seluruh Alqur'an dengan penampilan, intonasi, dan interpretasi kosa kata Al-Qur'an yang baik,

Bagian II: Menghafal seluruh Alquran  dengan kinerja dan intonasi yang baik.

Bagian III: Menghafal dua puluh bagian berturut-turut dengan kinerja dan intonasi yang baik

Bagian IV: Menghafal sepuluh bagian berturut-turut bagian dengan kinerja dan intonasi yang baik

Bagian V: Menghafal lima bagian berturut-turut dengan kinerja dan intonasi yang baik.

Kompetisi Hafalan Alquran ini akan memperoleh hadiah juara pertama akan menerima 200 ribu riyal (Rp 759 juta), juara kedua adalah 185 ribu riyal (Rp 700 juta), dan juara ketiga 170 ribu riyal (Rp 645 juta).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini