Senin 15 Nov 2021 21:34 WIB

Bendera Indonesia dan Palestina Berkibar di Lima Gunung

Ini bagian dari Pekan Solidaritas Palestina yang digelar Aqsa Working Group (AWG).

Sebanyak 15 pendaki melaksanakan pengibaran bendera Indonesia dan Palestina di puncak Gunung Ciremai Kuningan, Jawa Barat, Ahad (14/11). pagi
Foto: Foto Istimewa
Sebanyak 15 pendaki melaksanakan pengibaran bendera Indonesia dan Palestina di puncak Gunung Ciremai Kuningan, Jawa Barat, Ahad (14/11). pagi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bendera Indonesia dan Palestina dikibarkan oleh para pendaki di lima puncak gunung yang ada di Indonesia pada 13-15 November. Kelima gunung itu adalah Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Gunung Ciremai di Kuningan, Gunung Cikuray di Garut, Gunung Sikunir Dieng di Wonosobo, dan Gunung Dempo di Kota Pagaralam.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Pekan Solidaritas Palestina (PSP2021) yang digelar lembaga kemanusiaan Aqsa Working Group (AWG). Ini bagian dari menyambut  seruan PBB yang menetapkan 29 November menjadi Hari Solidaritas Internasional untuk Palestina.

Bendera Indonesia dan Palestina dibawa oleh lebih 50 pesepeda peserta Gowes Al-Aqsa, Sabtu (13/11), yang menempuh perjalanan sekitar 115 km. Sebanyak 35 pendaki Jawa Barat melakukan pendakian Gunung Galunggung mulai Ahad (14/11) dan dikibarkan Senin (15/11). Para pendaki terlibat kegiatan ini dari AWG biro Jawa Barat, Majelis Syubban Jama'ah Muslimin (Hizbullah) Jawa Barat, dan Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Jawa Barat.

Pengibaran bendera di puncak Gunung Cikuray dilakukan Sabtu (13/11). Ini dilakukan sembilan pendaki dari STAI Al-Fatah Cileungsi Bogor, termasuk satu mahasiswa asal Filipina, dan relawan UAR yang dipimpin pengurus AWG Pusat Angga Aminuddin

Di Jawa Tengah, pengibaran bendera di Dieng dilakukan Sabtu. Pengibaran ini dilakukan para pendaki dari AWG Biro Jawa Tengah.

Pengibaran bendera di Gunung Ciremai dilakukan Ahad. Kegiatan ini dilakukan para pendaki dari AWG Biro Jabodetabek bersama relawan UAR Jabodetabek.

Sedangkan pengibaran bendera di Gunung Dempo dilakukan Senin. Ini dilakukan Para pendaki dari AWG Biro Sumatra Selatan bersama Majelis Syubban Jama'ah Muslimin (Hizbullah) dan UAR Sumsel.

Pada 15 November 1988, Yasser Arafat mendeklarasikan Palestina sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Deklarasi ini dibacakan oleh Arafat di Aljazair dengan teks yang ditulis oleh sastrawan terkemuka asal Palestina, Mahmoud Darwish.

Namun, sampai hari ini, rakyat Palestina masih terus berjuang untuk meraih kemerdekaan mereka yang sesungguhnya. Yaitu terbebasnya Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, dan berakhirnya pendudukan apartheid Zionis Israel di tanah Palestina.

Aqsa Working Group (AWG) menggelar Pekan Solidaritas Palestina Internasional pada 22-29 November 2021 yang merupakan acara tahunan dalam rangka mendukung pembebasan Masjidil Aqsa dan kemerdekaan Palestina.

Tahun ini, mengangkat tema “Bergerak Berjama’ah Bebaskan Al-Aqsha dan Palestina,” selain Gowes Al-Aqsha, dan pengibaran bendera Palestina di puncak gunung, AWG juga akan menggelar peluncuran buku “Pembebasan Masjidil Aqsha Kewajiban Seluruh Umat Islam”, pameran foto, Talkshow Millenial Peacemaker Forum, dan Roadshow Film Palestina.

Aqsa Working Group (AWG) adalah lembaga yang dibentuk dalam rangka mewadahi dan mengelola upaya kaum Muslimin untuk pembebasan Masjid Al-Aqsa dan membantu perjuangan rakyat Palestina.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement