Selasa 16 Nov 2021 07:54 WIB

Israel Ingin Tingkatkan Kerja Sama Keamanan dengan Maroko

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz diagendakan mengunjungi Maroko

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Bendera negara Maroko.
Foto: EPA
Bendera negara Maroko.

IHRAM.CO.ID, TEL AVIV – Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz diagendakan mengunjungi Maroko akhir bulan ini. Tujuan utama kunjungan tersebut adalah meningkatkan kerja sama keamanan antara kedua negara.

Lawatan Gantz ke Maroko diharapkan terlaksana pada 24-25 November. Menurut keterangan yang dirilis Kementerian Pertahanan Israel pada Senin (15/11), dalam kunjungan tersebut Gantz bakal bertemu menteri pertahanan dan menteri luar negeri Maroko.

Baca Juga

Pada Agustus lalu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Maroko Nasser Bourita menyambut kunjungan Menlu Israel Yair Lapid ke Rabat. Itu merupakan kunjungan perdana menlu Israel ke negara tersebut sejak 2003.

Maroko resmi melakukan normalisasi diplomatik dengan Israel tahun lalu. Ia menjadi negara Arab keempat yang mengambil langkah demikian. Sebelumnya Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Sudan sudah terlebih dulu memilih memulihkan hubungan dengan Tel Aviv.

Sama dengan ketiga negara tersebut, pemerintahan mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump juga berperan dalam proses normalisasi Maroko-Israel. Sebagai imbalan normalisasi dengan Tel Aviv, pemerintahan Trump mengakui kedaulatan Maroko atas wilayah Sahara Barat yang dipersengketakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement