Selasa 16 Nov 2021 13:21 WIB

Huawei dan ITB Kolaborasi Lewat Academy Support Center

Academy Support Center mendorong pencapaian SDM digital Indonesia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Dr. Tutun Juhana, S.T, M.T, Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB (kiri) dan James Zeng, Director EBG Huawei Indonesia .
Foto: dok. Huawei Indonesia
Dr. Tutun Juhana, S.T, M.T, Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB (kiri) dan James Zeng, Director EBG Huawei Indonesia .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Huawei mempertegas komitmennya dalam percepatan pencapaian jumlah SDM Digital Indonesia. Komitmen kuat Huawei ini kembali ditunjukkan lewat kerja sama baru dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui program kemitraan ITB-Huawei Academy Support Center bagian dari Huawei ICT Academy Program.

Huawei ICT Academy Program merupakan payung besar yang membawahi upaya-upaya pelatihan talenta digital berkompetensi global. Academy Support Center hasil kolaborasi Huawei dan ITB bertujuan menyediakan dukungan teknis dan operasional yang sangat kritikal bagi kelangsungan Huawei ICT Academy Program, tidak hanya di ITB, namun juga di seluruh Tanah Air.

Baca Juga

Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB Tutun Juhana mengatakan sangat senang dapat meningkatkan kolaborasi panjang yang dijalin ITB bersama Huawei yang diwujudkan dalam bentuk Academy Support Center. Lewat kolaborasi ini, segenap civitas akademika ITB bisa mendapatkan akses dini terhadap berbagai teknologi digital serta perangkat teknologi yang dikembangkan Huawei, serta berkesempatan untuk melakukan riset dengan penyedia solusi TIK global.

“Kami berharap, kolaborasi dengan Huawei akan meningkatkan daya saing lulusan-lulusan ITB di masa depan,” tutur Tutun melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (15/11).

Director EBG Huawei Indonesia James Zeng memberikan apresiasi atas kesungguhan ITB terhadap pengembangan talenta digital di Indonesia yang dapat prosesnya menggandeng Huawei.

“Selama delapan tahun ini, ITB merupakan mitra strategis Huawei yang sangat kami hargai. Melihat capaian, semangat, dan kontribusi ITB yang luar biasa, kami ingin membawa kerja sama Huawei dengan ITB menuju satu langkah yang lebih tinggi. Dengan menjadi bagian dari Academy Support Center kami, ITB akan berperan semakin besar dalam mendukung kesuksesan Huawei ICT Academy Program dalam menyiapkan talent digital Indonesia,” tutur Zeng.

Zeng menegaskan pentingnya kolaborasi lintas pemangku kepentingan, termasuk antara pendidikan tinggi dengan pelaku industri. Kerja sama antara ITB dan Huawei ini pun diharapkan akan membantu percepatan program-program pemerintah seperti Mereka Belajar Kampus Merdeka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta  Pendidikan Tinggi dan Digital Talent Scholarship-Fresh Graduate Academy oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hingga kini, ITB telah melatih hampir 200 mahasiswa setiap tahunnya bersama Huawei Indonesia, dengan total sekitar 600 mahasiswa dalam kurun waktu 2018-2021. ITB dan Huawei Indonesia memulai kemitraannya dalam dunia pendidikan tinggi sejak 2013.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement