Airlangga: Pemerintah Yakinkan Saudi Soal Penanganan Covid

Rabu , 17 Nov 2021, 10:14 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Esthi Maharani
Jamaah Umroh melakukan tawaf selama musim pandemi Covid-19.
Jamaah Umroh melakukan tawaf selama musim pandemi Covid-19.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, memastikan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan akan menemui Pemerintah Arab Saudi untuk menyampaikan penanganan Covid-19 yang sudah diakui WHO. Hal tersebut disampaikanya setelah menerima kunjungan Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umroh (Forum Sathu), Selasa (16/11).

 

Terkait

"Menkes akan berkomunikasi dengan mitranya di Kementerian Kesehatan Saudi mengenai penanganan Covid di Indonesia yang sudah diakui sendiri oleh WHO," kata Airlangga.

Baca Juga

Airlangga mengatakan, di Arab Saudi tim dari Kemenkes akan bicara soal penanganan Covid-19 di tanah air yang kasusnya terus menurun.

"Indonesia sendiri bahwa saat sekarang semuanya PPKM level 1," katanya.

Airlangga berharap, setelah disampaikan kepada Saudi bahwa banyak negara yang mengakui penanganan Covid-19 di Indonesia berjalan baik, umroh bisa segera dibuka untuk jamaah Indonesia.

"Nah tentu dengan berbagai negara sudah mengakui dan juga tingkat penanganan Covid di Indonesia diharapkan kegiatan umroh ini bisa kembali di normalkan," katanya.

Airlangga mengatakan, telah menerima beberapa informasi dari Forum Sathu terkait perkembangan umroh di masa pandemi. Di antaranya bahwa Kerajaan Arab Saudi sudah memberikan nota diplomatik yang artinya pembahasan persiapan umroh sudah bisa dilakukan.

"Terutama untuk mengembalikan jamaah Indonesia melakukan umroh di Saudi dengan persyaratan-persyaratan yang mereka tentukan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini