Rabu 17 Nov 2021 17:00 WIB

Arab Saudi Bangun Dua Masjid di Pakistan

Pembangunan masjid di Pakistan merupakan hadiah dari Arab Saudi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Arab Saudi Bangun Dua Masjid di Pakistan. FOTO: ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Arab Saudi Bangun Dua Masjid di Pakistan. FOTO: ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Arab Saudi menyampaikan menyumbang dua masjid untuk Pakistan. Pembangunan masjid dilakukan sebagai hadiah, yang dibangun di daerah yang hancur akibat gempa bumi tahun 2005.

Masjid Raja Abdulaziz, yang dibangun di daerah Mansehra, Pakistan, disebut dapat menampung lebih dari 10.000 jamaah. Masjid lainnya, Masjid Raja Fahd di Muzaffarabad memiliki kapasitas lebih dari 6.000 jamaah.

Baca Juga

Portal berita Saudi, Sabq, melaporkan desain kedua situs tersebut terinspirasi oleh Masjidil Haram di kota suci Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Dilansir di Gulf News, Rabu (17/11), Duta Besar Saudi untuk Pakistan Nawaf bin Saeed Al Maliki secara resmi menyerahkan hadiah itu pada kegiatan yang diadakan Senin (15/11) di Islamabad. Menteri Agama Pakistan Noor-ul Haq Qadri hadir dalam upacara tersebut.

Utusan Saudi mengatakan Kerajaan Arab Saudi selalu mendukung Pakistan di masa-masa sulit. Gestur itu muncul di tengah meningkatnya hubungan antara kedua negara.

Bulan lalu, Arab Saudi menjanjikan total 4,2 miliar dolar AS untuk mendukung Pakistan. Saudi Fund for Development (SFD), sebuah lembaga pembiayaan negara, mengumumkan penyetoran 3 miliar dolar AS di bank sentral Pakistan, untuk membantu menambah cadangan mata uang asing negara itu dan mengatasi dampak dari pandemi global virus Covid-19.

SDF juga mengatakan tambahan 1,2 miliar dolar AS akan ditawarkan untuk membiayai pembelian produk minyak Pakistan. Isyarat itu datang atas arahan kerajaan, mengkonfirmasi dukungan berkelanjutan kerajaan terhadap ekonomi Pakistan.

Pengumuman itu dibuat setelah Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengakhiri kunjungan tiga hari ke Arab Saudi atas undangan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.  //  Zahrotul Oktaviani

https://gulfnews.com/world/asia/pakistan/saudi-arabia-builds-two-mosques-in-pakistan-as-gifts-1.83733065

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement