Rabu 17 Nov 2021 11:33 WIB

Taliban Tangkap Pria Afghanistan Jual 130 Perempuan

Pelaku penjual wanita Afghan iming-imingi korban akan dijodohkan dengan orang kaya.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Anggota Taliban (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/STRINGER
Anggota Taliban (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Seorang pria bernama Damullah Seraj ditangkap di provinsi Jawzjan utara pada Senin (15/11) malam.  Dia menjual 130 perempuan Afghanistan dengan berpura-pura sebagai perantara untuk menjodohkan dengan orang kaya untuk menargetkan korban.

Kepala kepolisian Jawzjan utara Mohammad Sardar Mubariz mengatakan, pria itu akan menargetkan perempuan miskin yang putus asa untuk memperbaiki keadaan mereka. Pelaku mengaku akan menemukan para korban dengan suami yang kaya.

Baca Juga

Namun alih-alih menjodohkan, pria itu justru akan memindahkan para perempuan ke provinsi lain. Kemudian dia menjual perempuan-perempuan itu sebagai budak. Dia diduga memperdagangkan sekitar 130 perempuan dengan cara ini.

Kejahatan, nepotisme, dan korupsi bukanlah hal baru di Afghanistan tetapi meningkatnya kemiskinan sehingga merusak klaim legitimasi Pemerintah Taliban.  Sejak mereka kembali berkuasa sekitar tiga bulan lalu, Taliban berusaha menahan serentetan kejahatan seperti perampokan dan penculikan di kota-kota besar.

Kementerian Dalam Negeri Taliban mengatakan 60 orang termasuk anggota departemen paspor ditangkap karena memalsukan dokumen untuk mendapatkan paspor. Lembaga ini pun untuk sementara menutup kantor imigrasi di Kabul untuk pemeliharaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement