Kamis 18 Nov 2021 04:23 WIB

Masjid Turk, Warisan Lintas Budaya di Pakistan

Desain arsitektur tersebut dipengaruhi oleh gaya Seljuk, Bizantium, Mamluk, dan Iran.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Turk di Pakistan
Foto: Daily Sabah
Masjid Turk di Pakistan

IHRAM.CO.ID, ANKARA -- Desain arsitektur dari para arsitek Turki selalu berhasil mencapai ketenaran global. Arsitek Turki membangun bangunan dan struktur yang luar biasa dan megah sepanjang sejarah mereka. Sebuah studi arsip telah mengungkapkan bahwa arsitektur Turki adalah puncak dari desain lintas budaya.

Desain arsitektur tersebut dipengaruhi oleh gaya Seljuk, Bizantium, Mamluk Islam, dan Iran. Namun, orang Turki telah mendapatkan tempat mereka dalam desain arsitektur, yang naik ke ketinggian baru pada periode Ottoman, sebagaimana dilansir dari laman Daily Sabah.

Baca Juga

Mengubah bahan bangunan menjadi karya arsitektur adalah area artistik di mana orang Turki unggul, dan masjid yang mencolok termasuk di antara struktur penting arsitektur era Ottoman. Salah satu fitur utama masjid Utsmaniyah adalah kubah tengahnya yang ikonik, diikuti oleh serangkaian kubah, penopang, dan menara berbentuk pensil lainnya.

Penggabungan fitur-fitur ini cukup untuk membuat bangunan masjid menjadi struktur simbolis. Masjid Süleymaniye Istanbul, dibangun oleh arsitek Ottoman terkenal Mimar Sinan di bawah naungan Suleiman I, yang juga dikenal sebagai Suleiman the Magnificent, Masjid Sultanahmet, dan Masjid Biru. Masjid ini mungkin merupakan contoh terbesar dari masjid Ottoman.

Fitur arsitektur serupa dapat dilihat pada bangunan monumental di India dan Pakistan. Selain itu, orang Turki juga sangat berkontribusi pada arsitektur nasional Pakistan di masa lalu. Arsitek Turki Vedat Dalokay, misalnya, merancang sebagian besar bangunan terkemuka di Pakistan, seperti Summit Minar dan yang terpenting Masjid Faisal di Islamabad.

Seiring dengan ikatan arsitektur antara kedua negara, Pakistan juga memiliki sebuah masjid yang disebut 'Masjid Turk' di distrik selatan Karachi. Para sejarawan arsitektur Pakistan tidak memiliki banyak detail tentang pendirian masjid ini selain itu dibangun pada pertengahan abad ke-19, lebih tepatnya pada tahun 1863.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement