Rabu 17 Nov 2021 22:21 WIB

Purbalingga Gencarkan Sistem Jemput Bola Percepat Vaksinasi

Upaya penanganan COVID-19 harus dilakukan dengan gotong royong.

Purbalingga Gencarkan Sistem Jemput Bola Percepat Vaksinasi (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Purbalingga Gencarkan Sistem Jemput Bola Percepat Vaksinasi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah terus berupaya menggencarkan sistem jemput bola untuk mempercepat capaian vaksinasi COVID-19 bagi lansia.

"Sistem jemput bola terus digencarkan guna mempercepat cakupan vaksinasi khususnya bagi lansia," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di Purbalingga, Rabu (17/11).

Pihaknya beberapa hari yang lalu sudah meluncurkan mobil vaksinasi yang merupakan kolaborasi antara Polri, TNI, dan dinas terkait. Sarana tersebut, kata dia, untuk jemput bola para lansia-lansia dan masyarakat yang tidak memungkinkan untuk datang ke fasilitas kesehatan atau lokasi vaksinasi sehingga vaksinasi bisa segera mencapai target.

Dia mengatakan upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Purbalingga memerlukan sinergi dan dukungan dari semua pihak agar dapat terus meningkat secara signifikan. "Mohon dukungan dan sinergi seluruh warga masyarakat Kabupaten Purbalingga, seluruh jajaran terkait, TNI, Polri, tenaga kesehatan, organisasi masyarakat dan lain sebagainya," katanya.

Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan menambahkan dengan adanya mobil vaksin diharapkan akan dapat mempercepat capaian vaksinasi sesuai dengan target yang diharapkan. "Dengan mobil vaksin diharapkan bisa menjemput masyarakat yang tidak bisa hadir dalam vaksinasi serentak. Selain itu, mobil masker bertujuan untuk membagikan masker gratis kepada masyarakat khususnya saat pelaksanaan operasi yustisi," katanya.

Ia menambahkan upaya penanganan COVID-19 harus dilakukan dengan gotong royong dan koordinasi yang baik agar dapat berjalan optimal. "Upaya penanganan COVID-19 menjadi tugas bersama termasuk juga seluruh masyarakat, semua harus dilakukan dengan gotong royong dan keikhlasan. Harapannya upaya penanganan COVID-19 di Purbalingga bisa berjalan maksimal sekaligus meningkatkan cakupan vaksinasi di Kabupaten Purbalingga," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono mengatakan capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat hingga Rabu sebanyak 54,04 persen dari target sasaran. "Berdasarkan data terbaru, capaian vaksinasi di Purbalingga sebanyak 420.835 orang atau sudah 54,04 persen dari target 778.743 sasaran vaksinasi di wilayah ini," katanya.

Hingga saat ini, pihaknya juga terus berupaya mempercepat peningkatan vaksinasi bagi lansia. "Total vaksinasi bagi lansia 34.511 orang atau baru mencapai 34,90 persen dari target 98.887 sasaran lansia di wilayah ini," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement