Senin 22 Nov 2021 04:46 WIB

Teleskop Hubble Deteksi Supernova Terbaru

SN 2020fqv disebut supernova keruntuhan inti atau Tipe II.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Supenova SN 2020fqv adalah supernova terakhir yang terdeteksi teleskop Hubble
Foto: hubble
Supenova SN 2020fqv adalah supernova terakhir yang terdeteksi teleskop Hubble

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Peristiwa meledaknya bintang besar, supernova menjadi salah satu peristiwa paling besar di alam semesta. Supenova SN 2020fqv adalah supernova terakhir yang terdeteksi. SN 2020fqv disebut supernova keruntuhan inti atau Tipe II.

Peristiwa ini berawal dari bintang masif yang kehabisan bahan bakar nuklir yang menyebabkan inti bintang runtuh sehingga sejumlah besar energi dilepaskan dan gelombang ledakan yang luar biasa dahsyat merobek lapisan luar.

Baca Juga

Ribuan supernova seperti itu sekarang terdeteksi setiap tahun, tetapi yang satu ini istimewa. SN 2020fqv terjadi di NGC 4568, sebuah galaksi di Gugus Virgo. Jaraknya hanya sekitar 60 juta tahun cahaya yang sangat dekat dalam skala kosmik.

Supernova ini diamati oleh Satelit Survei Transit Exoplanet (TESS). TESS mencari planet di sekitar bintang lain dengan hati-hati dan mencari penurunan kecerahan yang mengungkapkan sebuah planet lewat dalam semacam gerhana mini.

Sebenarnya, SN 2020fqv pertama kali terdeteksi pada 1 April 2020 oleh Zwicky Transient Facility, teleskop berbasis darat yang mengamati langit untuk mencari objek yang mengubah kecerahan. Namun, itu tidak mengambil serangkaian gambar yang cepat. Pengamatan TESS menunjukkan tahap awal ledakan.

Setelah ledakan dikonfirmasi, tim ilmuwan segera menelitinya. Dalam waktu kurang dari satu jam setelah supernova diidentifikasi sebagai keruntuhan inti, para astronom telah menghubungi Institut Sains Teleskop Luar Angkasa yang bertanggung jawab atas operasi Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Dua setengah jam kemudian setelah rencana pengamatan diperbarui diajukan dan setengah jam setelah itu Target Peluang yang sangat cepat diajukan. Hubble mulai mengamati ledakan ini 32 jam kemudian, hanya 79 jam setelah penemuan. Padahal Hubble biasanya membutuhkan waktu sekitar dua pekan untuk diarahkan.

Jadi, mendapatkan pengamatan hanya dalam satu hari dan sepertiga adalah pekerjaan luar biasa. Ketika bintang meledak, lapisan terluar dikeluarkan dengan kecepatan ekstrem. Jika ada benda di luar sana di sekitar bintang, gelombang beberapa oktillion ton materi bintang ini akan mengejarnya hanya dalam beberapa hari.

Dilansir SYFY, medium sirkumstellar akan menyala ketika puing-puing yang meluas ini menghantamnya. Melihat data TESS dan Hubble, para astronom dapat mengumpulkan kemungkinan tata letak materi di sekitar supernova. Ini pada gilirannya memberi tahu tentang hari-hari terakhir bintang ini.

Namun, melihat SN 2020fqv menjadi cerah, para astronom menghitung bahwa sekitar satu tahun sebelum meledak, bintang itu mengeluarkan 0,23 massa matahari material yang mengejutkan ke luar angkasa.

Jumlah tersebut merupakan tingkat yang sangat besar, ​​200 kali massa Bumi setiap hari. Materi ini tidak terlalu jauh sebelum bintang meledak dan hanya mungkin untuk dideteksi karena kecepatan respons tim astronot yang luar biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement