Kamis 18 Nov 2021 14:36 WIB

Workshop Rapidtyping UI Bantu Guru Terampil Ketik Arab

Universitas Indonesia menggelar pelatihan rapidtyping untuk guru bahasa Arab

Universitas Indonesia menggelar pelatihan rapidtyping untuk guru bahasa Arab
Foto: Dok Istimewa
Universitas Indonesia menggelar pelatihan rapidtyping untuk guru bahasa Arab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Salah satu platform penting dalam proses pembelajaran Bahasa Arab adalah rapidtyping, yaitu suatu metode pengetikan 10 jari tulisan Arab. 

Dalam dunia global ini, keterampilan menulis dalam tulisan Arab penting dimiliki  peserta didik yang ingin berpartisipasi dalam percaturan komunikasi tulis berbahasa Arab. 

Baca Juga

Metode rapidtyping merupakan metode untuk menumbuhkan keterampilan dan memperkuat interaksi antara guru dan murid. Keterampilan yang dibutuhkan dalm era yang disebut era 4.0 atau era revolusi industri keempat. Suatu era memperlihatkan dunia yang semakin fokus kepada teknologi-teknologi digital.  

Berdasarkan kebutuhan dunia global di era 4.0 ini, Tim Pengadian Masyarakat Program Studi Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menyelenggarakan Workshop Rapidtyping untuk guru-guru bahasa Arab tingkat SMA dan sederajat yang terhimpun dalam Forum Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kota Depok.

 

Pelatihan yang berlangsung Kamis (18/11) secara virtual tersebut diikuti 20 peserta dari 16 Sekolah Menengah Atas di Kota Depok. Selaku fasilitator adalah dosen, mahasiswa, dan alumni Program Studi Arab FUB UI. 

ketua Pengmas FIB UI, Dr Ade Solihat, mengatakan penyelenggaraan workshop ini hanyalah sumbangan kecil dunia akademik untuk memajukan kualitas pembelajaran Bahasa Arab dalam menghadapi era 4.0 yang tentunya harus disambut secara suka cita dan bersemangat.

Ketua Forum MGMP Kota Depok, Meylisma Ikhriani, mengatakan para guru telah lama berharap ada bantuan untuk meningkatkan kualitas keterampilan pengajaran Bahasa Arab, agar pengajaran Arab lebih kreatif dan inovatif untuk menarik minat siswa SMA. “Memang demikian yang diharapkan oleh para guru mata pelajaran Bahasa Arab,” kata dia.    

Ketua Prodi Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI, Bastian Zulyeno,  berharap kerja sama Program Studi Arab dengan MGMP tidak hanya dilakukan untuk pertama dan terakhir. Salah satu indikator kinerja utama (IKU) yang ditetapkan DIKTI adalah Dosen berkegiatan tridarma di luar kampus.  

Para peserta sangat antusias dan bersemangat. Hal ini diungkapkan Bapak Budi Santoso, pengajar Bahasa Arab SMA Tunas Bangsa Depok, yang mendapatkan solusi dari kendala mengajar Bahasa Arab secara virtual dengan menggunakan metode rapidtyping ini. 

Demikian juga yang disampaikan oleh Ibu Hikmatul Latifah guru di SDIT Alhamidiyah, yang sering ditanya  siswa-siswanya bagaimana cara mengetikkan tulisan Arab di komputer. 

Guru SMA Islam Dian Didaktika, Nur Atika dwi Ajeng, berharap pelatihan rapidtyping Bahasa Arab ini berharap agar pelatihan seperti ini dilaksanakan dengan lebih sering. Ini adalah salah satu cara mengajar Bahasa Arab dengan melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran.  

Terlebih lagi para guru sangat terbantu, ketika narasumber, Ibu Gina Najjah, M.Hum., dosen Program Studi Arab FIB UI memberikan contoh bagaimana menyusun suatu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menyisipkan metode rapidtyping ini. 

Tentu saja, sebagai sebuah program pelatihan, keberhasilan workshop ini sangat didukung oleh fasilitator yang handal dan sabar dalam memberikan pelatihan. Fasilitator adalah Hafid Fadli, alumni sastra Arab UI dan IIUM Malaysia, dan dua mahasiswa Program Studi Arab tingkat akhir.         

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement