Jumat 19 Nov 2021 18:42 WIB

Damkar Depok Berhasil Evakuasi 120 Ular

Jenis ular yang dievakuasi antara lain kobra dan sanca.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Ular sanca sepanjang 3,5 meter ditemukan di permukiman warga (ilustrasi)
Foto: Istimewa
Ular sanca sepanjang 3,5 meter ditemukan di permukiman warga (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sejak Januari hingga Oktober 2021, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok telah berhasil mengevakuasi sebanyak 120 ular. Adapun jenis ular yang dievakuasi antara lain kobra dan sanca.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan pada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos merinci, evakuasi paling banyak dilakukan pada bulan Juni sebanyak 21 kali, Maret 15 kali, Mei 14 kali. Kemudian Januari, Februari, April, dan Agustus masing-masing 12 kali. "Pada September 10 kali, Oktober tujuh kali dan Juli lima kali," kata Welman di Kantor Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Jumat (19/11).

Baca Juga

Menurut Welman, ratusan ular dievakuasi di tempat yang berbeda-beda. Ada yang di loteng, kamar mandi, dapur hingga kamar tidur. "Maka dari itu, kami meminta kepada warga untuk berhati-hati dan melakukan pencegahan dengan membersihkan area rumah agar tidak mengundang ular," jelasnya.

Welman mengatakan, bagi warga yang membutuhkan bantuan bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau Tim Rescue Damkar Depok di nomor 021-77827280.

"Tidak perlu panik jika ada ular masuk ke rumah. Hindari menyentuh, memegang atau menangani ular jika tidak terlatih," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement