Sabtu 20 Nov 2021 06:20 WIB

Wapres Dukung Proses Hukum Anggota MUI yang Ditangkap

Wapres serahkan penanganan dugaan keterlibatan anggota MUI dalam kasus terorisme

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: KIP/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan penanganan perkara dugaan keterlibatan anggota MUI dalam kasus tindak pidana terorisme ke Densus 88 Antiteror Polri. Wapres yang juga sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat itu mendukung Densus 88 Antiteror Polri untuk memproses hukum siapapun yang terlibat dalam jaringan radikalisme dan terorisme.

"Ya silakan diproses secara hukum. Saya kira Wapres menghargai apa yang dilakukan Densus 88," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki dalam keterangan yang dibagikan Biro Pers Media Informasi Setwapres, Jumat (19/11).

Baca Juga

Masduki mengatakan, Wapres mendukung langkah-langkah yang dilakukan Densus 88 dalam mengungkap dugaan keterlibatan anggota MUI dalam jariangan terorisme, jika memang yang bersangkutan terlibat. Wapres juga meminta agar upaya pencegahan dan penanganan radikalisme dan terorisme terus dilakukan.

Namun, Wapres berharap pengungkapan dugaan keterlibatan tetap mengedepankan asas praduga tidak bersalah.

"Lanjutkan di tempat-tempat yang lain, jangan kendor karena memang kenyataannya kalau memang hal itu berada di berbagai tempat, laksanakan secara tegas, tindakan-tindakan, supaya negeri ini aman," ujar Masduki.

Namun demikian, Wapres tidak sependapat jika penangkapan Densus 88 Antiteror terhadap anggota MUI ini kemudian dikaitkan dengan kelembagaan MUI. Selain itu,  Wapres juga menilai jika tuntutan pembubaran MUI tidak relevan, karena keterlibatan itu bersifat pribadi yang tidak berkaitan langsung dengan MUI.

"Sama halnya saja misalnya ada oknum di pemerintahan atau di Polri terlibat seperti itu kan tidak dengan sendirinya Polri-nya dituntut bubar, kan seperti itu atau misalnya ada oknum TNI terlibat lantas kemudian TNI-nya sebagai lembaga ikut dibubarkan. kan tidak seperti itu," kata Masduki.

Masduki menyebut Wapres juga mendukung untuk tidak mengaitkan penangkapan dengan MUI secara kelembagaan.

"Wapres mendukung terhadap langkah-langkah itu. Cuma kalau terkait tuntutan terhadap pembubaran MUI ya saya kira kurang relevan, seperti contoh tadi itu," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement