Ahad 21 Nov 2021 16:04 WIB

Epidemiolog: Kemungkinan Penduduk Sudah Terinfeksi Delta

Percepatan vaksinasi diharapkan meminimalisasi tingkat keparahan jika reinfeksi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Friska Yolandha
Petugas kesehatan mempersiapkan cairan vaksin COVID-19 di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (19/11/2021). Satgas Penanganan COVID-19 Aceh menyebutkan, hingga 14 November 2021 vaksinasi dosis I sudah diberikan kepada 1.382.413 orang (34,3 persen), dan dosis II sebanyak 750.454 orang (18,6 persen) dari total sasaran vaksinasi COVID-19 penduduk Aceh mencapai 4.028.891 orang.
Foto: ANTARA/RAHMAD
Petugas kesehatan mempersiapkan cairan vaksin COVID-19 di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (19/11/2021). Satgas Penanganan COVID-19 Aceh menyebutkan, hingga 14 November 2021 vaksinasi dosis I sudah diberikan kepada 1.382.413 orang (34,3 persen), dan dosis II sebanyak 750.454 orang (18,6 persen) dari total sasaran vaksinasi COVID-19 penduduk Aceh mencapai 4.028.891 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Epidemiolog UGM, Citra Indriani, berpendapat besar kemungkinan sudah 80 persen penduduk Indonesia sudah terinfeksi oleh varian delta. Sehingga, jumlah kasus positif Covid-19 mengalami penurunan secara drastis.

Sebab, terbentuknya imunitas kelompok secara alamiah dan tubuh miliki antibodi spesifik untuk strain virus tertentu. Percepatan program vaksinasi yang gencar dilakukan diharapkan meminimalisasi tingkat keparahan bila terinfeksi kembali.

Baca Juga

"Infeksi covid lebih dari 50 persen adalah asimtomatis, mungkin 80 persen penduduk kita telah terinfeksi delta," kata Citra, Ahad (21/11).

Kalau sudah terinfeksi sedemikian banyak, apa sudah memiliki imunitas kelompok dan tidak ada ancaman gelombang ketiga. Sebab, sebagian besar infeksi natural membentuk antibodi yang spesifik untuk virus atau strain virus yang menginfeksi.

Artinya, tidak untuk strain yang lain. Sehingga, imunitas alamiah yang terbentuk saat ini mungkin tidak bisa diandalkan bila kedatangan strain yang baru. Selain faktor imunitas, untuk vaksinasi saat ini sudah menyentuh di 208 juta.

Selain itu, 88 juta sudah mendapat dosis vaksin lengkap. Ia menilai, vaksinasi turut memiliki peran besar untuk mencegah bentuk parah sakit karena meskipun sudah divaksin sekalipun masih memiliki potensi terinfeksi dan menjadi sakit.

Melihat beberapa rekaman data yang terinfeksi pada gelombang Januari, lalu kembali terinfeksi delta pada Juni-Juli, dan kasus-kasus meninggal memiliki riwayat belum mendapatkan vaksinasi. Harapannya tentu percepatan vaksinasi.

Kemudian, sisir wilayah untuk vaksinasi, terutama lansia bisa berperan untuk mitigasi bentuk parah infeksi SARS-COV 2. Jika gelombang tiga terjadi, sistem kesehatan tidak lagi hadapi kasus-kasus berat yang jumlahnya ribuan setiap hari.

Meski angka kasus positif baru setiap harinya rata-rata kurang dari 400 kasus, kebijakan pembatasan mobilitas dengan penerapan PPKM level tiga jelang Nataru sudah tepat. Namun, kenaikan mobilitas masyarakat kini tidak bisa dihindari.

"Kenaikan mobilitas sesuatu yang tidak bisa dihindari. Kalau kita lihat dari 1,5 tahun pandemi, gelombang kenaikan selalu diawali dengan peningkatan mobilitas, saat Natal-tahun baru dan pasca-Lebaran," ujar Citra.

Pembatasan mobilitas melalui penerapan PPKM level tiga jelang Nataru bagian pengendalian agar tidak terjadi penularan secara masif. Meskipun dibatasi, mobilitas tetap terjadi tapi tidak semasif bila tidak dilakukan pembatasan.

Pembatasan kerumunan dan mobilitas sudah sesuai pembelajaran sebelumnya. Yaitu, gelombang diawali pada periode Nataru dan Lebaran, apalagi di negara-negara tetangga saat ini sedang mengalami gelombang delta atau varian AY.4.2.

Menurut Citra, pembatasan mobilitas dan penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan masyarakat terus dilakukan. Sampai seluruh penduduk dunia betul-betul aman dari infeksi Covid-19 dan vaksinasi sudah mencapai target di semua negara.

Sebab, ia menekankan, negara akan menghadapi kasus Covid-19 selama angka vaksinasi dunia belum mencapai target. Sehingga, yang diperlukan saat ini mengubah pola pikir dan menerima akan hidup berdampingan dengan pembatasan mobilitas ini.

"Naik level turun level PPKM harus dijalani dan beradaptasi dengan situasi ini karena tidak ada kepastian untuk menjawab sampai kapan," kata Citra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement